Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Pada Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Kombinasi Gerak Dasar Permainan Sepak Bola Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Mardina Hannas Sori Ariyanto, Zaenuri Mastur, Suratinah Suratinah

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik ditinjau dari gaya kognitif.  Desain penelitian menggunakan Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 17 siswa Kelas V SD Negeri 2 Tamanrejo sebagai kelompok eksperimen dan 17 siswa Kelas V SD Negeri 1 Tamanrejo sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan indepentdent sampel t-test dan paired sampel t-test. Hasil analisis data independent sampel t-tes, diperoleh skor pre-test (thitung 0,034; p > 0,05 dan post-test (thitung 3,433; p < 0,05). Hasil analisis independent sampel t-tes diperoleh skor (thitung 3,074 ; p < 0,05). Hasil analisis paired sampel t-test diperoleh skor kelas eksperimen (thitung 11,559; p < 0,05) dan untuk kelas kontrol (thitung 4,040 p < 0,01). Berdasarkan hasil analysis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa dibandingkan yang menggunakan model ekspositori.

This study describes students' reflective thinking skills using a problem based learning model with a scientific approach in terms of cognitive style. The research design used Pre-test Post-test Control Group Design. The research sample consisted of 17 Class V students at SD Negeri 2 Tamanrejo as the experimental group and 17 Class V students at SD Negeri 1 Tamanrejo as the control group. The data analysis technique used independent sample t-test and paired sample t-test. The results of the independent sample t-test data analysis, obtained a pre-test score (tcount 0.034; p> 0.05 and post-test (tcount 3,433; p <0.05). The results of the independent sample t-test analysis obtained a score (tcount 3.074 ; p < 0.05. The results of the paired sample t-test analysis obtained a score for the experimental class (tcount 11.559; p < 0.05) and for the control class (tcount 4.040 p < 0.01). Based on the results of data analysis showed that the use of Problem based learning learning model is more effective to improve students' reflective thinking ability than using expository model.

Keywords

problem based learning; kemampuan berpikir reflektif; gaya kognitif

Full Text:

PDF

References

Akramunnisa, Tahmir, S., dan Dassa, A. (2017). Ability Analysis Based on Math Problem Completing The Early Math Skills And Cognitive Style On Class VIII SMPN13 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 5(1), 14-26. https://doi.org/10.26858/jds.v5i1.3028,.

Al-darmono. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar. Al Mabsut (Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1), 1-6.

Al-Salameh, E.M. (2011). A Study of Al-Balqa’ Applied University Students Cognitive Style. Canadian Center of Science and Education 4(3), 189-191.

Ellianawati, D. (2014). Capaian Level Berpikir Reflektif Mahasiswa Program Remidial Perkuliahan Fisika Matematika 1 Berbasis Cognitive Apprenticeship Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 150-157. doi:10.15294/jpfi.v10i2.3351

Fuady, A. (2018). Berfikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 104-112.

http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236.

Luxbacher, J. A. (2016). Sepak Bola (Kedua ed.). (A. Wibawa, Penerj.) Jakarta: Rajagrafindo Persada

Masamah, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. (Online), 1(1).

Nindiasari, H., Novaliyosi, dan Pamungkas, Aan Subhan. (2016). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Tahapan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. JPPM, 9(1), 109-115.

Noer, S.H. (2009). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Doctoral Disertation, UPI.

Nur, M., dan Wikandari. (2000). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Puspanada, D.R., & Suriyah, P. (2017). Analisis Faktor pada Group Embbeded Figures Test untuk Mengukur Gaya Kognitif. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY : 225-230.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali Press.

Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shanti, W.N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing. Literasi. Journal.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Suharna, H. (2018). Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Sleman: Penerbit Depublish.

Sukestiyarno. (2014). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


View Counter: Abstract - 202 and PDF - 124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.