Klasifikasi Shadow Algorithm

Alfa Faridh Suni(1), Khoirudin Fathoni(2),


(1) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Dalam bidang Grafika Komputer Shadow Algorithm merupakan salah satu kajian yang menarik. Shadow Algorithm, suatu algoritma yang digunakan untuk menghasilkan sebuah bayangan objek pada suatu scene. Pengembangan berbagai shadow algorithm  sudah banyak dilakukan. Klasifikasi algoritma menurut tipe interaktifitasnya dan hasil render dengan cepat (immediate render), algoritma terbagi menjadi dua yaitu real-time dan non-real-time. Sedangkan melihat dari bayangan yang dihasilkan terdapat dua jenis yaitu hard shadow dan soft shadow.

Full Text:

PDF

References

F. C. Crow, “SHADOW ALGORITHMS FOR COMPUTER GRAPHICS,” pp. 187–199, 1981.

A. Woo, P. Poulin, and A. Fournier, “A Survey of Shadow Algorithms,” IEEE Comput. Graph. Appl., vol. 10, no. 6, pp. 13–32, 1990.

J. M. Hasenfratz, M. Lapierre, N. Holzshuch, and F. Sillion, “A Survey of Soft Shadow Algorithm,” Comput. Graph. Forum, vol. 22, no. 4, 2003.

H. Kolivand and M. S. Sunar, “An Overview on Base Real-Time Shadow Techniques in Virtual Environments,” Telkomnika, vol. 10, no. 1, pp. 171–178, 2012.

N. Liu and M. Pang, “Rendering soft shadows with openGL based on planar projection method,” Proc. - 2010 2nd IEEE Int. Conf. Netw. Infrastruct. Digit. Content, IC-NIDC 2010, pp. 235–239, 2010.

L. Williams, “Casting Curved Shadows on Curved Surfaces.pdf,” ACM SIGGRAPH Comput. Graph., vol. 12, no. 3, pp. 270–274, 1978.

M. Wimmer, D. Scherzer, and W. Purgathofer, “Light Space Perspective Shadow Maps,” Render. Tech. 2004 (Proceedings Eurographics Symp. Render., no. 2004, pp. 143–151, 2004.

R. Dimitrov, “Cascaded shadow maps,” Dev. Doc. NVIDIA Corp, no. August, 2007.

M. Hecher, M. Bernhard, O. Mattausch, D. Scherzer, and M. Wimmer, “A Comparative Perceptual Study of Soft-Shadow Algorithms,” vol. 0, no. 0, 2014.

A. Woo, “Efficient Shadow Computations in Ray Tracing,” IEEE Comput. Graph. Appl., vol. 13, no. 5, pp. 78–83, 1993.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.