Meningkatkan Kompetensi IT Murid dan Guru SDN Tuntang 02 melalui Mentoring Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Jatmiko Amung Prasojo(1), Rizki Afandi(2), Silvia Ulin Nafi(3), Gunawan Gunawan(4),


(1) Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(2) Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(3) Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
(4) Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Pandemi Covid-19 menyebabkan gangguan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Untuk menekan penyebaran Covid-19 selama pandemi, pembelajaran di sekolah dilaksanakan  secara daring yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka. Padahal pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai Asesmen Nasional yang mulai disosialisasikan pada akhir tahun 2020. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk menilai satuan pendidikan di Indonesia yang akan dilaksanakan akhir tahun 2021. Kebijakan ini menimbulkan masalah bagi SDN Tuntang 02. Permasalahan tersebut antara lain pertemuan guru dan murid sangat terbatas, ketersediaan sarana pendukung, tingkat keterampilan penggunaan IT sumber daya pendidik serta akses internet yang kurang memadai. Berdasar latar belakang masalah tersebut perlu dilakukannya upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusianya, yaitu murid dan guru melalui kegiatan mentoring tujuannya supaya SDN Tuntang 02 dapat melaksanakan program Asesmen Nasional sebagaimana semestinya. Penelitian ini memfokuskan pada upaya peningkatan kompetensi penggunaan IT pada siswa dan guru dalam penggunaan  komputer di SDN Tuntang 02.

 

Abstract

The Covid-19 pandemic has caused disruptions in various fields, one of which is in the field of education. To suppress the spread of Covid-19 during the pandemic, learning in schools was carried out online which was previously done face-to-face. Even though the government issued a policy regarding the National Assessment which began to be socialized at the end of 2020. The policy was implemented to assess education units in Indonesia which will be implemented at the end of 2021. This policy caused problems for SDN Tuntang 02. These problems included very limited teacher and student meetings, availability of supporting facilities, skill level of using IT educator resources and inadequate internet access. Based on the background of the problem, it is necessary to make efforts to improve the competence of its human resources, namely students and teachers through mentoring activities, the goal is that SDN Tuntang 02 can carry out the National Assessment program as it should. This study focuses on efforts to increase the competence of using IT for students and teachers in using computers at SDN Tuntang 02. 

Keywords:  Assesmen Nasional Berbasis Komputer; Kompetensi IT; Mentoring

Full Text:

PDF

References

Badudu J.S & Zain, Sutan Mohammad. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Republik Indonesia. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07./MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Menteri Kesehatan.

Riyadi, & Larasaty. (2020). Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Dalam Mencegah Penyebaran COVID-19. Seminar Nasional Official Statistics 2020: Pemodelan Statistika Tentang Covid-19, 19, 45-54.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2021). Peta Sebaran Covid-19. Retrieved August 29, 2021, from Satgas Covid19: https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

World Health Organization. (2021). Coronavirus Dashboard. Retrieved September 15, 2021, from WHO Web site: https://covid19.who.int/table

World Health Organization. (2021). Coronavirus Disease (Covid-19). Retrieved September 15, 2021, from WHO Web site: https://www.who.int/health-topics/coronavirus

Wu, D., Wu, T., Liu, Q., & Yang, Z. (2020). The SARS-CoV-2 Outbreak: What We Know. International Journal of Infectious Diseases, 94, 44-48.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo