Filariasis Vector Control Educational Model Trial to Elementary School Student in Pekalongan City

Sofwan Indarjo(1), Agus Suwandono(2), Sulistiyani Sulistiyani(3), Zahroh Shaluhiyah(4),


(1) Universitas Diponegoro Semarang
(2) Universitas Diponegoro
(3) Universitas Diponegoro
(4) Universitas Diponegoro

Abstract

Anak usia sekolah merupakan generasi penerus bangsa yang harus dibekali dengan pengetahuan diharapkan dapat membentuk perilaku yang sehat dan produktif.  Siswa terhindar dari penyakit dan kecacatan akibat micro filaria. Bermain dalam pembelajaran tidak hanya disukai oleh anak-anak, tetapi sangat bermanfaat bagi perkembangan anak, yang meliputi manfaat motorik, manfaat afeksi, manfaat kognitif, manfaat spiritual, dan manfaat keseimbangan. Tujuan uji validitas dan reliabilitas mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, praktik dan perilaku pengendalian vektor untuk pencegahan filariasis sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Intervensi diberikan pada siswa kelas 5 di SDN 1  X di Kota Pekalongan jumlah 30 siswa. Uji bivariat mengunakan uji t Independent dan uji wilcoxon. sebagian besar variabel penilaian menunjukkan nilai p-value < 0,05, pada nilai α 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan antara pretest dengan posttest. Hanya variabel perilaku tidur siang yang tidak memiliki perbedaan signifikan (p-value 0,073). Hasil evaluasi media permainan menunjukkan rentang rata-rata nilai antara 90,70 sampai dengan 95,00 dengan rata-rata nilai rata-rata terendah adalah untuk desain buku selamat datang sebesar 90,70 dan standard deviasi 11,50. Sedangkan nilai rata-rata tertinggi adalah untuk desain papan permainan yaitu sebesar 95,00 dan standard deviasi 10,40.

Keywords

Tic Tac Toe, filariasis, permainan, vektor

Full Text:

PDF

References

Coates, D. R., Chin, J. M. and Chung, S. T. L. (2011) ‘The HLA-DRB1 Shared Epitope in Caucasians with Rheumatoid Arthritis: A Lesson Learned from Tic-Tac-Toe’, Bone, 23(1), pp. 1–7. doi: 10.1002/art.23433.The.

Cohen, L., Manion, L. and Morrison, K. (2013) Research Methods in Education (Google eBook). doi: 10.1111/j.1467-8527.2007.00388_4.x.

Dormann, C. et al. (2020) ‘Evaluation of a game-based training course to build capacity for insecticide resistance management in vector control programmes’, PLoS ONE, 15(10 October), pp. 1–22. doi: 10.1371/journal.pone.0240514.

Famakinde, D. (2018) ‘Mosquitoes and the Lymphatic Filaria Parasites : Research Trends and Budding Roadmaps to Future Disease Eradication’, Trop Med Infect Dis, 3(3(1), p. 4.).

Grillich, L. et al. (2016) ‘Effectiveness evaluation of a health promotion programme in primary schools: a cluster randomised controlled trial.’, BMC public health, 16(1), p. 679. doi: 10.1186/s12889-016-3330-4.

Hedges, J. H. et al. (2013) ‘Play, attention, and learning: How do play and timing shape the development of attention and influence classroom learning?’, Annals of the New York Academy of Sciences, 1292(1), pp. 1–20. doi: 10.1111/nyas.12154.

Ike Ani Windiastuti, Suhartono, N. A. (2013) ‘Hubungan Kondisi Lingkungan Rumah , Sosial Ekonomi , dan Perilaku Masyarakat dengan Kejadian Filariasis di Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan The Association between Environmental House Condistion , Socio-economic , and Behaviour Factors with fi’, Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 12(1), pp. 51–57.

Jayatilleke, A. and Shah, M. (2020) ‘Examining the Technological Pedagogical Content Characteristics of Games for Medical Education’, Medical Science Educator, 30(1), pp. 529–536. doi: 10.1007/s40670-019-00891-2.

Juanda, E. A. et al. (2012) ‘Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Diktat Elektronika Dasar’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21, pp. 123–129.

Megan Macklin, Patrick Jagoda, Ian B. Jones, M. G. (2018) ‘Game-Based Health Education: The Case of Hexacago Health Academy’, Physiology & behavior, 176(1), pp. 139–148. doi: 10.15695/jstem/v1i1.11.Game-Based.

Melissa, M., Swandi, I. W., R. (2014) ‘Perancangan Permainan Media Edukasi Sebagai Pembelajaran Cara Melindungi Diri Dalam Menghadapi Bencana Alam Bagi Anak Usia 7-12 Tahun’, Jurnal Ict, (Media Edukasi), pp. 1–12. Available at: publication.petra.ac.id › index.php › dkv › article › view.

Muller, L. and Spitz, E. (2012) Health behavior change models, Psychologie Francaise. doi: 10.1016/j.psfr.2012.03.008.

Nabe-nielsen, K. et al. (2015) ‘Health promotion in primary and secondary schools in Denmark : time trends and associations with schools ’ and students ’ characteristics’, pp. 1–10. doi: 10.1186/s12889-015-1440-z.

p. Adi, C. S. Y. (2016) ‘Penerapan Model Pembelajaran dengan pendekatan Bermain Terhadap Peningkatan Ketrampilan Gerak Dasar dalam Pembelajran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( Studi Pada Siswa Putra Kelas VII SMP Negeri 1 Balongpanggang Gresik )’, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 04(01), pp. 148–156.

Rosdiana, L. and Purnomo, A. R. (2020) ‘Keefektifan Permainan Tic TAc Toe Pada Materi Sistem Ekresi Manusia untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta’, 8(2), pp. 104–109.

Staiano, A. E. (2014) ‘ Learning by Playing: Video Gaming in Education —A Cheat Sheet for Games for Health Designers ’, Games for Health Journal, 3(5), pp. 319–321. doi: 10.1089/g4h.2014.0069.

Sugiyono, S. and Darnoto, S. (2017) ‘Pengaruh Pelatihan Pencegahan Demam Berdarah Dengue (Dbd) Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa Di Sdn Wirogunan I Kartasura Kabupaten Sukoharjo’, Jurnal Kesehatan, 9(2), p. 84. doi: 10.23917/jurkes.v9i2.4594.

Syuhada, Y., Nurjazuli and W, N. E. (2012) ‘Studi Kondisi Lingkungan Rumah dan Perilaku Masyarakat Sebagai Faktor Risiko Kejadian Filariasis di Kecamatan Buaran dan Tirto Kabupaten Pekalongan ( Study Of Environmental And Behavioral As Risk Factor Of Filariasis In District Of Buaran And Tirto Pekalo’, Kesehatan Lingkungan Indonesia, 11(1), pp. 95–101.

Ulhusna, A. (2013) ‘Peningkatan Aktivitas Siswa Kelas V Sd Pada Pembelajaran Ansambel Musik Melalui Strategi Paikem’, E-Universitas Negeri Padang, 2(1), pp. 30–37. Available at: http://download.portalgaruda.org/article.php.

Watson, D. G., Arnold, J. E. and Tanenhaus, M. K. (2009) ‘Game-Based Health Education: The Case of Hexacago Health Academy’, Brain, 106(3), pp. 1548–1557.

Wood, C., Gladwell, V. and Barton, J. (2014) ‘A repeated measures experiment of school playing environment to increase physical activity and enhance self-esteem in UK school children’, PLoS ONE, 9(9). doi: 10.1371/journal.pone.0108701.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.