Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika
(1) Prodi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Erma, W. Sunyoto, E. N. & Supriyadi. 2014. Analisis Pola Berpikir Analogi Dalam Memahami Konsep-Konsep Abstrak Fisika Pada Siswa SMP. Journal of Innovative Science Education 3 (1).
Harrison, A. G. & Coll, R. K., 2013. Using Analogies in Middle and Secondary Science Classrooms The Far Guide – An Interesting Way to Teach With Analogies. Terjemahan Akhlis Nursetiadi. Jakarta: PT Indeks.
Harrison, A. G. & Jong, O. D. 2005. Using multiple analogies: case study of a chemistry teachers’ preparations, presentations and reflections. In Boersma, K., et al. (eds). Dordrecht: Springer Research and the quality of science education hal. 353-364.
Lawson, A. E. 1995. Science Teaching and The Development of Teaching. Belmont : Wadsworth.
Mangal, S. K., & Mangal, U. 2009. Essentials of Educational Technology. New Delhi: PHI Learning Private Limited.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Prastowo, T. 2011. Strategi Pengajaran Sains dengan Analogi Suatu Metode Alternatif Pengajaran Sains Sekolah. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya 1(1) hal. 8 – 13.
Stephen, H. 1998. A brief history of time. New York : Bantam.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Nugroho, S. E. 2009. Analisis Epistemologi Konsep Kelistrikan dan Kemagnetan pada Mahasiswa Calon Guru Fisika, Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia
Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Usman. 2010. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Venneman, S.S., Rangel, E.R. dan Westphal, R.M. 2011. Learning Styles Impact the Efficacy of Demonstrations Used to Increase Understanding of Neuronal Properties. European Journal of Social Sciences, 24 (3)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License