Analisis kemampuan berpikir deduksi hipotesis terhadap pemahaman konsep rangkaian resistor pada listrik arus searah
(1) Prodi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, F. 2014. “Hubungan Pemahaman Konsep dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar”. Edusains 6(1) hal. 88-96.
Arikunto, S. 2012. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Bachtiar, R.W., 2015. “Kajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika UNEJ”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013. Surabaya, 24 Januari 2015.
Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Engelhardt, P.V. & Beichner R.J., 2004. “Student’s Understanding of Direct Current Resistive Electrical Circuits”. Am. J. Phys. 72(1) hal. 98-115.
Juliyanto, E., Hartono dan Wiyanto., 2011. “Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Hipotetikal Deduktif Pada Siswa SMA di Kota Semarang”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 hal. 17-22.
Lawson, A.E., 1995. Science Teaching and Development of Thinking. California: wadsworth publish company.
Lawson, A.E., 2002. “What Does Galileo’s Discovery of Jupiter’s Moons Tell Us About the Process of Scientific Discovery”. Science and Education 11 hal. 1-24.
Lawson, A.E., 2010. “The Nature and Development of Hypothetico-Predictive Argumentation with Implications for Science Teaching”. International Journal of Science Education 25 hal. 1387-1408.
Nugraha, A.,Werdhiana,K. dan Darmadi, I.W. 2010. “Deskripsi Konsepsi Siswa SMA tentang Rangkaian Listrik Arus Searah”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako 1(3) hal. 1-7.
Sugiyono, 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Wiyanto, 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES PRESS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License