IbM BAGI GURU-GURU MATEMATIKA SMP YANG MENGALAMI KESULITAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI VISUALISASI GEOMETRI ANALITIK BIDANG CARTESIUS BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER'S SKETCHPAD

Scolastika Mariani, Wardono Wardono

Abstract

.Komunikasi tulis matematika sangat penting karena tidak banyak siswa yang dapat memahami teks matematika maupun mengkomunikasikan ide-ide dalam benak mereka dengan baik, benar dan runtut. Geometri Analitik membutuhkan kemampuan daya tilik keruangan, termasuk Geometri Analitik (representasi Aljabar dari bangun-bangun Geometri Analitik), dengan bantuan software komputer Geometer's Sketchpad visualisasi Geometri Analitik dari representasi Aljabarnya dan sebaliknya akan lebih jelas, guru maupun siswa dapat mengkomunikasikan konsep-konsep dengan lebih jelas. Pembelajaran Geometri Analitik Datar dengan ceramah dan bahan ajar cetakan mengakibatkan ketrampilan proses pembelajaran Geometri Analitik Datar peserta didik masih jauh dari harapan, perlu dilakukan pembelajaran yang inovatif dan bahan ajar yang sesuai untuk Geometri Analitik datar. Terlebih jika dibantu dengan software yang memang untuk Geometri Analitik datar diharapkan akan meningkatkan aktifitas dan ketrampilan proses memecahkan masalah untuk soal-soal materi Geometri Analitik datar lebih meningkat. Metode proyek digunakan untuk menjembatani bahan ajar soal-soal pemecahan masalah berbantuan software Geometer's Sketchpad dengan pembelajaran di kelas. Geometer's Sketchpad adalah software yang dapat digunakan untuk membantu abstraksi siswa dalam mempelajari atau mengerjakan permasalahan materi Geometri Analitik datar khususnya dalam bidang Cartesius. Pelatihan dan workshop " IbM Bagi Guru-Guru Matematika SMP Yang Mengalami Kesulitan Pemecahan Masalah Melalui Visualisasi Geometri Analitik dari representasi Aljabarnya dan sebaliknya Bidang Cartesius Berbantuan Software Geometer's Sketchpad" perlu dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan dan visualisasi bangun-bangun Geometri Analitik datar dengan Geometer's Sketchpad dan integrasinya dalam pembelajaran pemecahan matematika di kelas. Pelatihan ini diterapkan pada Guru-guru Matematika MGMP Sub Rayon 2 di kota Semarang, diamati dan dianalisis peningkatan penguasaan konsep Geometri Analitik, ketrampilan menggambarkan representasi Aljabar ke dalam benda Geometri Analitik maupun sebaliknya dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik terutama Geometri Analitik dalam pemecahan masalah. Pelatihan (Teori Geometri Analitik dan Praktek Geometer's Sketchpad) dilaksanakan selama 4x8 jam (4 hari), yaitu : Rabu tanggal 12 Agustus 2017, Kamis, tanggal 13 Agustus 2017, Rabu, tanggal 19 Agustus 2017, dan Kamis, 20 Agustus 2017. Pelatihan dilaksanakan di Aula gedung Serba Guna SMP Negeri 15 Semarang. Dilakukan tes awal dan tes akhir untuk melihat apakah ada peningkatan kemampuan penguasaan Geometri Analitik , dengan hasil : Rata-rata Nilai Pre-tes = 76,25, Rata-rata Nilai Pos-tes = 81, dianalisis peningkatannya dengan menggunakan Pairs Sample t-test, diperoleh nilai sig = 0.000, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat disimpulkan Nilai Rata-rata Pos-tes lebih baik dari Nilai Rata-rata Pre-tes, jadi ada peningkatan pemahaman dan ketrampilan Geometri Analitik dan Praktek Geometer's Sketchpad setelah dilaksanakan Pelatihan. Hasilpembuatan gambar-gambar menggunakan Geometer's Sketchpad sangat bagus dan menarik, dan peserta puas dengan pelatihan ini.

Keywords

Pelatihan dan Workshop, Pemecahan Masalah Geometri Analitik Datar, Geometer's Sketchpad

Full Text:

PDF

References

Meng, C. C., & Sam, L. C. (2013). Enhancing Primary Pupils' Geometric Thinking Through Phase Based Instruction Using The Geometer's Sketchpad. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 33-51. Tersedia dihttp://www.keycurriculum.com/ diunduh tanggal 22 Oktober 2014

Nurhasanah, F., Sabandar, J., & Kusumah, Y. S. (2013). Abstraction Processes in Learning Geometry Using GSP. 6th East Asia Regional Conference on Mathematics Education (EARCOME6) . Phuket, Thailand: EARCOME.

Olkun, S., Sinoplu, N. B., & Deryakulu, D. (2005). Geometric Explorations with Dynamic Geometry Applications based on van Hiele Levels. International Journal for Mathematics Teaching and Learning.Tersedia online di http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/olkun.pdf diunduh tanggal 25 Oktober 2014

Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1 No. 1.

Sinclair, N., & Yurita, V. (2008). To be or to become: How Dynamic Geometry Changes Discourse. Research in Mathematics Education Volume 10, No. 2, September , 135150.

Suherman, E.; Turmudi; Suryadi, D.; Herman, T.; Suhendra; Prabawanto, S.; Nurjanah; Rohayati, A.;. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Tieng, P. G., & Eu, L. K. (2014). Improving Students' Van Hiele Level of geometric Thinking Using Geometer's Sketchpad. The Malaysian Online Journal of Educational Technology Vol. 2 Issue 3, 20-31.

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achievement in secondary school geometry.Chicago: The University of Chicago. Walle, V. D. (2001). Geometric Thinking and Geometric Concepts in Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally, 4th ed. Boston: Allyn and Bacon.

Wongsri, N., Cantwell, R. H., & Archer, J. (2002). The Validation of Measures of Self-Efficacy, Motivation and self-Regulated Learning among Thai tertiary Students. Annual Conference of the Australian Association for Research in Education. Brisbane.Tersedia online di http://www.aare.edu.au/data/publications/2002/won02083.pdf diunduh tanggal 21 Oktober 2014

Yanik, H. B. (2013). Learning GeometricTranslation in a Dynamic GeometryEnvironment. Education and Science Vol. 38 No 168.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.