PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN GURU BERWAWASAN NASIONALISME DI SMA N DEMPET DAN SMK N 2 DEMAK

Masrukhi Masrukhi, Maman Rachman, Suyahmo Suyahmo

Abstract

berwawasan nasionalisme. Manfaat bagi khalayak sasaran kegiatan yaitu sebagai berikut : (1) Kegiatan pengabdian masyarakat ini berorientasi pada pengembangan kompetensi kepribadian guru berwawasan nasioalisme melalui sosialisasi dan pelatihan pada guru-guru SMAN Dempet dan SMKN 2 Demak; (2) guru-guru SMAN Dempet dan SMKN 2 Demak akan mendapatkan pengetahuan mengenai pengembangan kompetensi kepribadian guru berwawasan nasionalisme; (3) guru guru SMAN Dempet dan SMKN 2 Demak akan mendapatkan keterampilaninternalisasi nilai - nilai nasionalisme; dan (4) dosen pendamping memperoleh pengetahuan kebutuhan pengembangan kompetensi kepribadian guru berwawasan nasionalisme pada guru - guru SMAN Dempet dan SMKN 2 Demak. Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan, yaitu: (1) Sosialisasi dan pelatihan kegiatan pengembangan disampaikan oleh fasilitator dari perguruan tinggi. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan antara lain latar belakang pentingnya pengembangan kompetensi guru berwawasan nasionalisme, dampak, mekanisme, teknis, dan perencanaan pelaksanaan. (2) Rapat koordinasi untuk membahas kegiatan pengembangan kompetensi kepribadian guru berwawasan nasionalisme, observer, moderator, fasilitator, dan notulen. Selain itu dibicarakan juga persiapan teknis seperti pemilihan aula sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. (3) Penyusunan jadwal detail pelaksanaan pengembangan kompetensi kepribadian guru berwawasan nasionalisme terhadap guru-guru yang meliputi waktu pelaksanaan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi hasil kegiatan, personel yang terlibat, dan tempat pelaksanaan. (4) Tahap evaluasi dibicarakan permasalahan yang muncul baik masalah yang bersifat prinsip, maupun teknis, dan solusi perbaikan untuk keberlanjutan pelaksanaan kegiatan pengembangan kompetensi kepribadian guru berwawasan nasionalisme berikutnya.

Keywords

Kepribadian, Guru, Nasionalisme

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.