PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK E-JOURNAL MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT UNNES

Henry Ananta, Agus Murnomo, R Kartono, Anggraini Mulwinda

Abstract

Adanya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2011 tentang Terbitan Berkala Ilmiah, dan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 152/E/T/ bulan Januari 2012 tentang kewajiban publikasi karya ilmiah diantaranya adalah kewajiban mahasiswa S1 untuk membuat artikel dan menerbitkannya di jurnal ilmiah. Selama ini artikel yang ditulis oleh mahasiswa dengan dibimbing oleh dosen pembimbing skripsi atau penguji skripsi belum secara utuh memenuhi standar yang ada. Banyak terjadi ketidaksesuaian penulisan yang ditulis mahasiswa. Hal ini pun akan lebih menyusahkan dan terjadinya proses panjang baik bagi mahasiswa maupun pihak pengelola jurnal ilmiah prodi (E-Journal prodi). Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah agar: (1). Peserta pelatihan dapat memahami tata cara penulisan artikel ilmiah, (2). Peserta pelatihan mampu melakukan penulisan karya ilmiah, (3). Peserta pelatihan dapat memahami kaidah selingkung e-journal program studi dilingkungan jurusan Teknik Elektro Unnes.Hasil: (1) Kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah untuk e-journal mahasiswa jurusan teknik elektro FT Unnes telah dilaksanakan dengan hasil baik dengan kenaikan skor rata-rata test sebesar 20% dan penguasaan teori dengan kategori Sangat Baik sebesar 30% dan Baik sebesar 70%, (2).Khalayak sasaran antara yang dipilih dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai semangat yang tinggi untuk mengikuti semua kegiatan sampai selesai dan dinilai mampu untuk menularkan pengetahuannya pada orang lain.

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2012. Buku Panduan Pengelolaan Jurnal Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 49/Dikti/Kep/2011 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah.

Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 21 Tahun 2012 tentang Panduan Implementasi Publikasi Karya Ilmiah Universitas Negeri Semarang.

Surat Edaran Ditjen Dikti Kemendikbud RI No. 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah tanggal 27 Januari 2012.

Surat Edaran Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang No.1662/UN37/PP/2012 tentang Pembuatan E-Journal Prodi tanggal 21 Februari 2012.

Tim Pengembang Jurnal Unnes. 2012. Panduan Implementasi Publikasi Karya Ilmiah. Unnes.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.