PEMBERDAYAAN PENDIDIK PAUD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIS UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KABUPATEN BREBES

Isti Hidayah, Lita Latiana, Etty Soesilowati

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru kelompok bermain (KB PAUD) sebagai khalayak sasaran dalam penguasaan pembelajaran matematika anak usia dini, yang ditunjukkan dengan meningkatnya skor apersepsi dan posttest tentang konsep-konsep matematika dalam kegiatan PAUD. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi tiga tahapan, yaitu: (1) tahap awal persiapan (perijinan, materi kegiatan dan instrumen penilaian); (2) tahap kedua adalah pelaksanaan kegiatan pemberdayaan pendidik PAUDdalam pembelajaran matematis untuk pengembangan kognitif anak usia dini di kabupaten Brebes; dan (3) tahap akhir adalah evaluasi untuk mengetahui sejauh mana penerimaan materi pelatihan yang diserap pada peserta.Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat kenaikan penguasaan materi konsep-konsep matematis dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini (76 menjadi 90). Kondisi sebelum implementasi kegiatan menunjukkan bahwa banyaknya peserta yang setuju bahwa pada usia dini (PAUD) tidak diperkenankan mengenalkan konsep-konsep matematis masih cukup tinggi, yaitu mendekati 50%. Demikin juga banyaknya peserta yang setuju bahwa aktivitas menghitung sama sekali tidak dilakukan dalam PAUD sebesar 36%.

Keywords

pemberdayaan pendidik PAUD, konsep-konsep matematis, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anderson, L. & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan.Bandung: ROSDA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Kerangka Dasar Pengembangan PAUD Terpadu dengan Pendekatan Holistik Terintegratif Provinsi Jawa Tengah Periode 2013-2018.Semarang: Dinas Pendidikan Jawa Tengah

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory into Practice, 41(4), 212-218.

Latiana, Lita. 2008. Penggunaan Media Dinding Kelas untuk Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (Penelitian pada Taman Kanak-kanak di Kota Semarang). Laporan penelitian tidak dipublikasikan. Dibiayai oleh DIPA Unnes.

Lestari. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Seri Bacaan Orang Tua. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementrian Pendidikan Nasional.

Paimin, Joula Ekaningsih.1998.Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sujiono, Yuliani Nurani. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Yuliani Nurani dan bambang Sujiono. 2010. Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: PT Indeks

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana

Suyanto, Slamet. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY Press

Telzrow, Cathy F and Hollinger, Constance L. 2000. Fidely of Problem-Solving Implementation and Relationship to Student Performance. School Psychology Review. Vol. 29, No. 3, pp. 443-461

Webster-Stratton, Carolyn PhD; Reid, M Jamila PhD. 2004. Strengthening Social and Emotional Competence in Young Children-The Foundation for Early School Readiness and Success: Incredible Years

Classroom Social Skills and Problem-Solving Curriculum. Infants & Young Children: April/May/June 2004 - Volume 17 - Issue 2 - p 96-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.