KELAYAKAN MODUL PERAWATAN RAMBUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA KECANTIKAN

Nunik Mega Wati(1), Erna Setyowati(2), Maria Krisnawati(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas dan kelayakan modul perawatan rambut untuk meningkatakan hasil belajar siswa SMK Tata Kecantikan. Metode penelitian ini adalah Research and Development eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah purpose sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah modul perawatan rambut. Variabel terikat penelitian ini adalah kelayakan modul perawatan rambut. Analisis data menggunakan mean dan deskriptife persentase. Hasil validitas modul oleh ahli rata-rata sebesar 84,19%. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif rata-rata pretest 59,67 dan posttest 80,17, aspek afektif rata-rata sebesar 82,42, aspek psikomotorik rata-rata sebesar 81,77 sehingga rata-rata dari hasil belajar siswa 76,01. Tanggapan siswa diperoleh 81,01% dan penilaian dari guru diperoleh 96,42% sehingga modul perawatan rambut layak digunakan untuk meningkatan hasil belajar siswa SMK Tata Kecantikan.

Keywords

modul; validitas; kelayakan; perawatan rambut

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep &Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.