MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERIAS WAJAH KARAKTER TUA MELALUI MODELDISCOVERRY LEARNINGDENGANMIPELAND KREPADAPESERTA DIDIKKELAS XII
(1) 
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengatasi permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran merias wajahkarakter tuadi kelas XII Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 1Pekalongansemester gasal tahun 2017melalui model Descovery LearningdenganMIPEL AND KRE. (Media Internet, Pengamatan Lingkungan dan Kreativitas), Teknik analisa data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif denganmetodepengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi serta tes untuk mengukur ketrampilan dan hasil belajar merias wajahkarakter tua. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, SiklusI meliputi : Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Sedangkan Siklus II meliputi Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi, dan Kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar yang signifikan. setelah dilakukan bimbingan secara langsung dengan media internet, pengamatan lingkungan, dan kreativitas, dengan proses pembelajaran yang dilakukanselangkah demi selangkah serta adanya kesempatan latihan lanjutan nilai kategori kurang baik mengalami penurunan sebesar 19,23% yaitu dari 19,2%pada siklus 1 menjadi 0% pada siklus ke2. Berdasarkan hasil wawancara terpimpin dengan siswa terdapat 23,85% yang menyatakan sangat setuju dan 74,62% menyatakan setuju jika pembelajaran merias wajahkarakter menggunakanModel Discovery LearningDenganMIPELANDKRE dan hanya sekitar 1,54% yang menyatakan tidak setuju.
Keywords
Hasil Belajar, Merias WajahKarakter, MIPEL AND KRE,Orang Tua, Discovery Learning,
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.