Studi Kelayakan Tas Laptop Berbahan Enceng Gondok dengan Hiasan Sulam Pita

Diyah Putri(1), Wulansari Prasetyaningtyas(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan tas laptop berbahan eceng gondok dengan hiasan sulam pita. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen , jenis eksperimen dalam penelitian ini adalah penelitian murni, yaitu percobaan pembuatan tas berbahan enceng gondok dengan hiasan sulam pita, dalam percobaan ini membuat tas dengan 4 model yaitu model A, B, C dan D, meggunakan bahan dasar enceng gondok. Variabel penelitian ini menggunakan variabel tunggal yaitu kelayakan tas laptop berbahan enceng gondok, variabel ini tidak mempengaruhi ataupun dipengaruhi oleh variabel lain. Metode pengumpulan data dalam peneliti dokumentasi dan observasi dengan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan persentase deskriptif. Hasil penelitian tas yang diuji kelayakan oleh 39 responden. Hasil analisi uji kelayakan menunjukkan bahwa produk tas secara keseluruhan sangat layak, dengan nilai rata-rata 78.99%-82.26%. Studi kelayakan tersebut, paling tinggi terdapat pada tas model C dengan nilai rata-rata 82.26% kriteria sangat layak, kemudian tas A dengan nilai 80.06%, selanjutnya tas B dengan nilai rata-rata 78.99% dan tas D dengan nilai rata-rata 79.99%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kelayakan paling tinggi terdapat pada tas model C dengan nilai persentase sebesar 82.26%, karena bentuknya yang unik, menarik dan kombinasi warnanya yang sesuai.

Keywords

sulam pita, kelayakan tas laptop, enceng gondok

Full Text:

PDF

References

Amrullah, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , 3-4.

B, C. L. (2018). Socio-ecological Impacts of Water Hyacinth (Eichhornia Crassipes) Uunder Dry Climatic Conditions: The Case Of Shagashe River in Masvingo, Zimbabwe. J Environ Sci Public Health, 15.

Buse, C. a. (2014). WOmen with Dementia and Their Handbags: Negotiating Identity, Privacy and 'Home' Through Material Culture. Journal of Aging Studies, 14-22.

Cahyadi, D. d. (2016). Desain Meja Kera Sulam Tumpar . Jurnal Kreatif, 15.

Ernawati, d. (2008). Tata Busana untuk SMK Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Gerbono, A. d. (2005). Kerajinan Enceng Gondok. Yogyakarta: Kanisius.

Handayani, S. d. (2017). Online Marketing Memoderasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Sulam Pita Terhadap Minat Bali Konsumen. Seminar Nasional dan Call For Paper, 73.

Hardati, d. (2014). Pendidikan Konservasi . Semarang: UNNES PRESS.

Ilahi, K. A. (2014). Pengaruh Ukuran Lebar Pita Satin Terhadap Hasil Jadi Sulam Pita Bunga Concertina Rose Pada Tas Anyaman. E-Journal , 1.

Jain, D. a. (2017). Innovation of Denim Kurtis incorporating ribbon embroidery . Research Journal of Family, Community and Consumer Sciences, 1.

Kaleka, N. d. (2013). Kerajinan Enceng Gondok. Surakarta: Arcita.

Mironga, J. a. (2013). Effects of spreading patterns of water hyacinth (Eichornia crassipes) on zooplankton population in Lake Naivasha, Kenya. International Journal of Development and Sustainability, 1972-1973.

Nurlitasari, K. d. (2014). Desain Serial Tas Gadget Modular Material Ikat Sasak Kombinasi Kulit Berkonsep Tribal-Etnik Untuk Masyarakat Modern. Jurnal Sains dan Seni ITS, 60.

Purnama, S. d. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Tas Sophie Paris. Jurnal Forum Ilmiah, 112-113.

Sembel, D. T. (2010). Pengendalian Hayati. Yogyakarta: ANDI.

Siswoyo, A. N. (2016). Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Aktivitas Komunitas Sulam Pita Di Kampung 1001 Malam Surabaya. E-Journal, 19-23.

Sittadewi, E. H. (2007). Pengolahan Bahan Organik Enceng Gondok Menjadi Media Tumbuh Untuk Mendukung Pertanian Organik. Pengolahan Bahan Organik, 229-234.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suseno, P. (2016). Pengganggu Ekosistem Rawa Jombor. Klaten: Solopos.

Tellez, R. T. (2008). The Water Hyacinth, Eichornia Crassipes an invasive plant in the Guadiana River Basin (Spain). Aquatic Invasions, 42.

Wulandari, Y. d. (2015). Pengaruh Bahan Tali Rafia Asahylon Terhadap Hasil Jadi Crochet/Rrajutan Pada Tas Jinjing (Corder Bag). Jurnal Tata Busana, 66-72.

Yonathan, A. P. (2013). Produksi Biogas Dari Enceng Gondok (Eichhornia Crassipes): Kajian Konsistensi Dan Ph Terhadap Biogas Dihasilkan. Teknologi Kimia dan Industri, 211-215.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.