Pengembangan Modul Aplikasi Komputer Terapan Tata Busana bagi Mahasiswa PKK FT UNM

Irmayanti Irmayanti(1), Hamidah Suryani(2),


(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran pada matakuliah Aplikasi Komputer Terapan Tata Busana yang terbagi atas dua materi yaitu mendesain dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop dan membuat pola busana aplikasi CAD System, (2) mengetahui respon mahasiswa terhadap  modul Aplikasi Komputer Terapan Tata Busana. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah pokok, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian meliputi orang-orang yang berkepentingan dan terpilih untuk memberikan informasi, tanggapan dan penilaian terhadap pengembangan modul. Subjek penelitian dikategorikan menjadi dua yaitu subjek informan dan subjek penilai ahli (expert judgment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran pada mata kuliah aplikasi komputer terapan Tata Busana yang dikembangkan mencapai kategori valid; (2) Hasil nilai respons mahasiswa yang dilakukan melalui uji coba kelompok kecil dan kelompok besar terhadap modul pembelajaran mendapatkan respons positif dari mahasiswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran pada mata kuliah aplikasi komputer terapan tata busana yang dikembangkan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran di Jurusan PKK FT UNM.

Keywords

Modul; Aplikasi Komputer Terapan Tata Busana

Full Text:

PDF

References

Anggraini, A., & Sukardi. (2015). Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan Materi Pengolahan Berbasis Product Oriented bagi Peserta Didik SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 287–296.

Arsyad, N. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasi Bahan Ajar. Universitas Negeri Surabaya.

Dra, P. M. (1992). Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hamid, M. A., Aribowo, D., & Desmira, D. (2017). Development of learning modules of basic electronics-based problem solving in Vocational Secondary School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 149–157.

Hermansyah, R. (2018). Otomatisasi Pembuatan Pola Baju Menggunakan AutoCAD dengan Bahasa Pemrograman AutoLIPS. Fakultas Teknik Unpas.

Irmayanti, I. (2017). Analisis Perbedaan Fitting Factor antara Pola Sonny dan Pola Praktis pada Jas Wanita. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/5133

Irmayanti, I., & Hadi, S. (2018). The Contribution of Pattern Making Knowledge and Sewing Skill to the Outcome of Women’s Blazer Making. In International Conference on Indonesian Technical Vocational Education and Association (APTEKINDO 2018) (Vol. 201, pp. 32–36). Atlantis Press. Retrieved from https://doi.org/10.2991/aptekindo-18.2018.7

Khoiron, A. M., & Sutadji, E. (2016). Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 103–116.

Kurniawan, E. D., Nopriyanti, N., & Syofii, I. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Matakuliah CAD/CAM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 185–194.

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–37.

Nurdyansyah, N., & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Retrieved from http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf.

Suryani, H. (2017). Disain Busana. Indonesia: Badan Penerbit UNM.

Suryani, H., & Irmayanti, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer Terapan Tata Busana. In Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.