Penerapan Seamless Tucks pada Busana Pesta dengan Tema The Gray Hole
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembuatan dan hasil jadi semless tucks pada busana pesta wanita dan pria dengan tema the gray hole. Metode yang digunakan adalah three stage design process (LaBat & Sokolowski, 1999), yang terdiri dari 3 tahapan yaitu problem definition & research, creative exploration, dan implementation. Dari hasil yang diperoleh, seamless tucks bisa digunakan sebagai detail busana pesta baik untuk wanita maupun pria. Hasil jadi pada busana wanita sesuai dengan konsep perancangan antara lain menggunakan siluet H, penerapan seamless tucks berbentuk lingkaran menyerupai lubang pori-pori pada batu apung diterapkan pada keseluruhan permukaan cape dan menjadi center of interest dari keseluruhan look pada gaun pesta. Hasil jadi pada busana pria sesuai dengan konsep perancangan yaitu menggunakan siluet busana formal yang klasik berupa setelan jas (suit). Penerapan seamless tucks berbentuk lingkaran diterapkan pada kelepak kerah (peak lapel) dan kelepak saku. Hasil jadi busana secara keseluruhan telah memenuhi beberapa kriteria prinsip desain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afreynasari, A. J., Cardiah, T., & Hardiansyah, M. N. (2019). Perancangan Interior Sekolah Tinggi Multi Media Bandung. eProceedings of Art & Design, 6(2).
Aspelund, K. (2014). The design process. Bloomsbury Publishing.
Cahyanti, A. (2015). Pengaruh Ukuran Lebar Lipatan Terhadap Hasil Jadi Undulating Tucks Pada Rok Suai Berbahan Denim. Jurnal Tata Busana, 4(3).
Calderin, J. (2011). Fashion Design Essentials: 100 Principles of Fashion Design.
Fu, K. K., Yang, M. C., & Wood, K. L. (2015, August). Design principles: The foundation of design. In ASME 2015 international design engineering technical conferences and computers and information in engineering conference. American Society of Mechanical Engineers Digital Collection.
Geost, Flysh. 2016. Jenis, Asal, dan Kegunaan Batu Apung (Pumice). Diambil dari: https://www.geologinesia.com/2016/05/jenis-asal-dan-kegunaan-batu-apung.html. Diakses 8 Juli 2019.
Ilmiyah, M., & Suhartini, R. (2019). Pengaruh Lebar Tuck Terhadap Hasil Jadi Shell Tucks Pada Blus. Jurnal Tata Busana, 8(3).
Jones, S. J. (2005). Fashion design. Laurence King Publishing.
Kotler, P. (2010). Marketing Management: The Millenium Edition, Phipe Prentice Hall.
LaBat, K. L., & Sokolowski, S. L. (1999). A three-stage design process applied to an industry-university textile product design project. Clothing and Textiles Research Journal, 17(1), 11–20. https://doi.org/10.1177/0887302X9901700102
Latter, C., Phau, I., & Marchegiani, C. (2012). The roles of consumers need for uniqueness and status consumption in haute couture luxury brands. Journal of Global Fashion Marketing, 1(4), 206–214. https://doi.org/10.1080/20932685.2010.10593072
Mazza, C., & Alvarez, J. L. (2000). Haute couture and prêt-à -porter: the popular press and the diffusion of management practices. Organization Studies, 21(3), 567-588.
Mike Easey. (2009). Fashion Marketing - Google Books.
Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.
Savitri, A., & Hidayati, L. (2019). Penerapan Lebar Tucking Terhadap Hasil Jadi Bubble Tucks Menggunakan Bahan Denim Pada Blus. Jurnal Tata Busana, 8(3).
Richard, S., & Jenny, U. (2006). The Fundamental of Fashion Design.
Seivewright, S. (2012). Basics fashion design 01: Research and design (Vol. 1). A&C Black.
Singer, R. (2016). Fabric Manipulation. Surface Design for Fabric, 515903. https://doi.org/10.5040/9781501304187.ch-005
Tiarasiwi, M. C. Pengaruh Ukuran Tucking dan Jarak Antar Tucking terhadap Hasil Jadi Manipulating Fabric Smocked Tucks pada Dress. Jurnal Tata Busana, 4(3).
Wahyudi, H. (2013). Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Terhadap Produk Mobil Nissan Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.