Komposisi Dodol Ganyong (Canna Edulis Ker), Tape Ketan Hitam, Sari Kedelai Ditinjau dari Uji Organoleptik

Hari Minantyo(1), Kendrick Audrey(2), Victor Kurniawan Yuwono(3),


(1) Universitas Ciputra, Fakultas Pariwisata, Jurusan Pariwisata - Bisnis Kuliner.
(2) Universitas Ciputra, Fakultas Pariwisata, Jurusan Pariwisata - Bisnis Kuliner.
(3) Universitas Ciputra, Fakultas Pariwisata, Jurusan Pariwisata - Bisnis Kuliner.

Abstract

Komposisi Dodol  Ganyong (Canna Edulis Ker), Tape Ketan Hitam, Sari Kedelai Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dodol dari bahan dasar  ganyong, tape ketan hitam dan sari kedelai. Uji organoleptik dilakukan pada 90 orang panelis secara acak yang dibagi dalam tiga kali pengulangan dengan membagikan kuesioner dengan penilaian menggunakan skala likert. Uji organoleptik dilakukan untuk menilai tekstur, aroma, warna dan rasa dari dodol. Hasil uji organoleptik dianalisis menggunakan software SPSS 22. Hasil rata-rata dari seluruh kualitas indrawi, dapat disimpulkan bahwa komposisi dodol dengan ganyong 100 gram paling disukai oleh panelis dengan nilai rata-rata total sebesar 3,46 atau netral agak suka. Tekstur tidak lengket, aroma dodol harum, warna dodol cokelat mengilap dan rasa dodol manis tidak asam.

Keywords

Dodol ganyong, Sari kedelai, Tape Ketan Hitam

Full Text:

PDF

References

Hersoelistyorini, W., Sumanto, D., dan Najih, L. 2010. Pengaruh Lama Simpan Pada Suhu Ruang Terhadap Kadar Protein Dodol Tape Kulit Umbi Ubi Kayu. Jurnal Pangan dan Gizi. 1(1), 24-34.

Margareta, P. 2013. Eksperimen Pembuatan Dodol Ganyong Komposit Dengan Tepung Ketan Putih Penambahan Sari Buah Parijoto. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Putra, U.L. 2016. Preferensi dan Perilaku Konsumen Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Lampung Terhadap Dodol Cokelat. Disertasi tidak diterbitkan. Lamung: Program Pasca Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Ridhawati, A. 2014. Pengaruh Substitusi Pati Ganyong (Canna Edulis Ker.) Pada Tepung Beras Ketan Terhadap Kualitas Kimia dan Organoleptik Dodol Susu. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Rihastuti, R.A., dan Soeparno. 2014. Kontrol Kualitas Pangan Hasil Ternak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rokhayati, U.A. 2011. Pengaruh Penggunaan Asam Cuka Dan Substitusi Susu Kedelai Terhadap Bau Tahu Susu. INOVASI. 8(1), 113-122.

Setiavani, G., Sugiyono., Ahza, A.B., dan Suyatama, N.E. 2018. Teknologi Pengolahan Dan Peningkatan Nilai Gizi Dodol. PANGAN. 27(3), 225-234.

Slamet, A. 2010. Pengaruh Perlakuan Pendahuluan Pada Pembuatan Tepung Ganyong (Canna Edulis) Terhadap Sifat Fisik dan Amilografi Tepung Yang Dihasilkan. AGROINTEK. 4(2), 100-103.

Suaniti, N.M. 2015. Kadar Etanol Dalam Tape Sebagai Hasil Fermentasi Beras Ketan (Oryza Sativa Glutinosa) Dengan saccharomyces cerevisiae. Jurnal Virgin. 1(1), 16-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.