Adaptasi Bunga Anggrek Bulan dengan Teknik Crochet sebagai Garniture pada Busana Pesta

Nabila Nabila(1), Astuti Astuti(2),


(1) Program Studi Pendidikan Tata Busana, Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Tata Busana, Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Indonesia memiliki beragam spesies flora dan fauna. Salah satu fauna endemik Indonesia yang disenangi masyarakat yaitu Anggrek Bulan. Anggrek Bulan dijuluki sebagai “Puspa Pesona” dan menjadi salah satu bunga nasional Indonesia. Melihat pesona akan keindahan bunga Anggrek Bulan menjadikan Anggrek Bulan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia, sangat disayangkan jika masih banyak generasi muda tidak mengetahuinya. Salah satu upaya dalam memperkenalkan bunga Anggrek Bulan kepada masyarakat umum dan khususnya kepada kaum milenial adalah dengan mengadapatasi bentuk bunga Anggrek Bulan agar bisa dikomunikasikan pada produk busana pesta.  Selain itu, pesona bunga Anggrek Bulan memiliki potensi untuk dijadikan ide dalam pembuatan busana pesta di Indonesia. Teknik yang digunakan dalam memvisualisasikan bentuk bunga Anggrek Bulan adalah teknik crochet. Karena pada perkembangannya teknik crochet banyak dijadikan teknik untuk membuat bentuk bunga . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Penggunaan metode kualitatif deskriptif adalah upaya dalam memberikan gambaran pembuatan busana dengan mengadaptasi bentuk bunga Anggrek Bulan dengan teknik crochet. Busana yang dihasilkan adalah busana pesta siang dengan  pemilihan kain yang lembut, tidak berkilau serta mudah menyerap keringat. Model busana yang digunakan adalah long dress dengan lengan bishop dan menonjolkan bentuk bunga Anggrek Bulan dengan teknik crochet sebagai garniture yang diletakkan pada bagian depan busana. Pemilihan warna broken white menjadikan busana pesta siang dengan mengadaptasi bunga Anggrek Bulan dengan teknik crochet akan terlihat bersih, feminin dan elegant.

Keywords

bunga anggrek bulan; busana pesta; teknik crochet.

Full Text:

PDF

References

Alawiyah, M., & Puspitasari, C. (2019). Eksplorasi Teknik Crochet Dengan Inspirasi Bunga Patrakomala. eProceedings of Art & Design, 6(2).

Ayu, I. K., & Desintha, S. (2019). Perancangan Desain Kemasan Gula Cikeris Sebagai Kuliner Khas Purwakarta. eProceedings of Art & Design, 6(2).

Bogdan, R. C. (1992). Dan Steven J. Taylor. Introduction to Qualitative Research Methotds: A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons.

Coutrier, I., Santoso, P. A., & Suyoto, S. (2020). Rona pesona Indonesia: seri wacana pengayaan bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat menengah (b1-b2).

Kartikasari, S. N., Marshall, A. J., & Beehler, B. (2012). Ekologi Papua (No. 6). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Laraswati, O. (2014). Kreasi Rajutan Motif Sederhana. Jakarta Selatan. PT kawah media.

Peterson, D., Kanani, P., & Marathe, V. J. (2019). Private federated learning with domain adaptation. arXiv preprint arXiv:1912.06733.

Puspitasari, C. (2009). Eksplorasi Teknik Crochet pada Kain Brokat. Laporan Tugas Akhir Krita Tekstil. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Ridhwan, M. (2012). Tingkat keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya di Indonesia. Jurnal Biology Education, 1(1).

Risanti, D. (2020). Bunga Anggrek Bulan sebagai Sumber Ide Penciptaan Motif Batik untuk Busana Pesta (Doctoral dissertation, Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).

Riyanto, A. A. (2003). Teori Busana. Bandung: Yapemdo.

Sari, R. K. N. (2015). Ikan Koi Sebagai Sumber Ide Penciptaan Hiasan Dinding Dengan Teknik Rajut Crochet Dan Tapestri (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).

Sumardani, S. (2021). PENERAPAN BEADING EMBROIDERY DENGAN KOMBINASI CABOCHON TECHNIQUE SEBAGAI HIASAN PADA EVENING GOWN. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 9(2), 128-140.

Swadaya, T., & Angkasa, S. (2018). CARA AGAR ANGGREK BULAN RAJIN BERBUNGA. Trubus Swadaya.

Wiguna, C. S. (2020). Modul pembelajaran SMA geografi Kelas XI: persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.