Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Keterampilan Teknis Era Revolusi Industri 4.0

Ayub Budhi Anggoro(1), Taofan Ali Achmadi(2), Didik Rohmantoro(3), Aritya Gusmala Sari(4),


(1) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Universitas PGRI Yogyakarta
(4) SMP Negeri 5 Ambarawa

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 (ERI 4.0) telah berdampak pada pergeseran keterampilan teknis yang diperlukan oleh para pekerja. Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan perlu dipersiapkan untuk memiliki keterampilan teknis yang relevan dengan era tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai keterampilan teknis yang paling dibutuhkan dalam ERI 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 (lima) besar keterampilan teknis yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa secara berturut-turut adalah keterampilan penerapan dan penggunaan teknologi; keterampilan memahami proses digitalisasi; keterampilan merancang; keterampilan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); serta keterampilan analisis dan pemrosesan data. Keterampilan-keterampilan teknis tersebut menunjukkan 5 (lima) besar yang paling dibutuhkan berdasarkan persepsi mahasiswa jurusan PKK, FT Unnes dengan persentase ³ 43 %. Skor mean hasil perhitungan menunjukkan ³ 5,16 yang berarti bahwa semua keterampilan teknis tersebut signifikan.

Keywords

Keterampilan teknis, era revolusi industri 4.0, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Persepsi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Aoun, J. E. (2017). Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. The MIT Press.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education.

Jeganathan, L., Khan, A. N., Kannan Raju, J., & Narayanasamy, S. (2019). On a frame work of curriculum for engineering education 4.0. 2018 World Engineering Education Forum - Global Engineering Deans Council, WEEF-GEDC 2018, 1–6. https://doi.org/10.1109/WEEF-GEDC.2018.8629629

Lerch, C., & Gotsch, M. (2015). Digitalized product-service systems in manufacturing firms : A case study analysis. Research Technology Management, 58(5), 45–52. https://doi.org/10.5437/08956308X5805357

Litecky, C. R., Arnett, K. P., & Prabhakar, B. (2004). The paradox of soft skills versus technical skills in is hiring. Journal of Computer Information Systems, 45(1), 69–76. https://doi.org/10.1080/08874417.2004.11645818

Maisiri, W., Darwish, H., & van Dyk, L. (2019). An investigation of industry 4.0 skills requirements. South African Journal of Industrial Engineering, 30(3), 90–105. https://doi.org/10.7166/30-3-2230

Oguro, K. (2016). Innovation in the Global Economy-3 “Data†Key to Success of 4th Industrial Revolution.

PKK, J. P. K. K. (2020). Visi Misi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Website Jurusan PKK. http://pkk.unnes.ac.id/visi-misi/

Rojko, A. (2017). Industry 4.0 concept: Background and overview. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 11(5), 77–90. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i5.7072

Schuh, G. G., Anderl, R., Gausemeier, J. J., ten Hompel, M. M., Wahlster, W. (Eds. ., Ander, Lr., Gausemeier, J. J., ten Hompel, M. M., & Wahlster, W. (Eds. . (2020). Industrie 4.0 Maturity Index. Managing the Digital Transformation of Companies. In Acatech Study. www.acatech.de/publikationen.

Setiyawan, A., Achmadi, T. A., & Anggoro, A. B. (2019). The Effect of Blended Learning to the Students Learning Achievements in Department of Mechanical Engineering. 379(Veic), 162–166. https://doi.org/10.2991/assehr.k.191217.027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.