Analisis 10 Tingkat Soft Skills Yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21

Taofan Ali Achmadi(1), Ayub Budhi Anggoro(2), Irmayanti Irmayanti(3), Lia Sari Rahmatin(4), Devi Anggriyani(5),


(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
(5) Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa mengenai 10 soft skills teratas yang dibutuhkan di Abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian survei menggunakan cross-sectional design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang berjumlah 142 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil dalam penelitian ini mengidentifikasi 10 soft skills teratas yaitu: 1) Tanggung jawab social dan akuntabilitas; 2) Komunikasi; Etika professional; 3) Adaptasi; 4) Kolaborasi; 5) Kreatifitas dan inovasi; 6) Pemecahan masalah; 7) Kesadaran diri; 8) Berpikir kritis dan logis; dan 10) Toleransi keberagaman.

Keywords

Abad 21, Soft Skills

Full Text:

PDF

References

Arnata, I. W, & Surjoseputro, S. (2014). Evaluasi Soft Skill dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21 (1), 1-9.

Coates, D.E. (2006). People skills training: Are you getting a return on your investment?. Retrivied from http://www.2020insight.net/Docs4/PeopleSkill.pdf.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston, MA: Pearson.

Gray, K., & Koncz, A. (2017). The Key Attributes Employers Seek on Studentt`s Resumes. USA: NACE.

Hadinugrahaningsih, T., dkk. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. LPPM Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.

Hamidah, S., & Palupi, S. (2012). Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Pasteri. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (2), 143-152.

Maisiri, W., Darwish, H., And van Dyk, L. (2019). An Investigation of Industry 4.0 Skills Requirements. South African Journal of Industrial Engineering, 3(3), 90-105.

Manara, M, U. (2014) Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 37-47.

Robles, M.M. (2012). Executive perceptions of the top 10 soft skills needed in today’s workplace. Business Communication Quarterly, 75, 453-465.

Schulz, B. (2008). The Importance of Soft Skills: Education Beyond Academic Knowledge. Nawa Journal of Communication, 146-154.

Soh, T., Arsad, N., & Osman, K. (2010). The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), 546–554

Supriyanto, A. (2007). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Laporan Penelitian. Semarang: Unnes.

Taylor, E. (2016). Investigating the Perception of Stakeholders on Soft Skills Development of Students: Evidence from South Africa. Interdisciplinary Journal of e-Skills and Lifelong Learning, 12, 1-18.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles (2009) 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons, 978-0-47-055362-6.

Widarto. (2011). Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi melalui Clop-Work. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Zehr, M. A. (1998). New office economy putting greater demands on schools. Education Week, 17(23), 7-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.