PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERCETAK KOPI TARIK UNGARAN

  • komang komang verdiansyah Seni rupa Kons. DKV S1, Seni Rupa, FBS, UNNES
Keywords: Design, Printed Media Promotion Story, Coffee pull Ungaran

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Kopi Tarik Ungaran adalah sebuah kedai kopi yang sangat sederhana yang berada di Jl. Kartini 230 B, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sejak mulai berdiri Kopi Tarik Ungaran belum mengolah media untuk mempublikasi terutama tercetak. Selama ini informasi dan bentuk komunikasi pemasaran tentang Kopi Tarik Ungaran telah dilakukan dengan pembuatan media online media tersebut tidak ada pembaharuan dalam waktu yang lama. Terkait dengan kondisi tersebut dipandang perlu adanya media pendukung atau alternatif media promosi berupa media promosi tercetak. Tujuan proyek studi ini adalah Menghasilkan rancangan media promosi tercetak berupa logo, poster, x- banner, brosur, dan merchandise. Proses pembuatan proyek studi ini melalui tahapan-tahapan yaitu Penetapan Tujuan Pembuatan Karya, Studi Kepustakaan, Penentuan Khalayak Sasaran, Pengumpulan Data Pendukung, Pemotretan, Seleksi Gambar, Proses Lay out, Konsultasi Dosen Pembimbing, Proses Pencetakan, Penyajian Karya. Dalam proses pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain. Foto atau gambar kemudian diolah menggunakan aplikasi Photoshop sedangkan Lay out memakai software Adobe Ilustrator dan Corel Draw. Ciri umum dari desain lay out tersebut yaitu selalu menampilkan logo Kopi Tarik Ungaran. Desain dominan menggunakan warna bernuansa Soft, pemilihan warna kuning kecokelatan, coklat muda mewakili kesan vintage. Pesan yang terkandung bersifat informatif dan pengingat. Perancangan media promosi ini diharapkan dapat membantu pengunjung dalam mendapatkan informasi tentang Kopi Tarik Ungaran sehingga dapat meningkatkan kunjungan.

 

Abstract

___________________________________________________________________

Pull Ungaran coffee is a coffee shop that is easy on Jl. Kartini 230 B, Ungaran, Semarang regency, Central Java. Since starting up Kopi Tarik Ungaran not process the media to publicize mainly printed. All this information and forms of marketing communication on Kopi Tarik Ungaran has been done by making the media online media there is no renewal in a long time. Associated with the condition is deemed necessary to support media or alternative media campaign in the form of printed promotional media. The purpose of this study is to Generate project design printed promotional media such as logos, posters, x- banners, brochures, and merchandise. The process of making this study project through the stages ie Making Goal Setting Works, literature study, Determining Target Audience, Data Collection Supporter, Shooting, Image Selection, Process Lay out, Consulting Supervisor, Process Printing, Presentation Works. In the process of making the whole work pay attention to the elements and principles of design. Photos or images are then processed using Photoshop while Lay out applications use software Adobe Illustrator and Corel Draw. The general characteristics of the design layout that always displays the logo Kopi Tarik Ungaran. The dominant design using Soft shades of color, selection of amber, light brown vintage represent impression. Messages contained informative and reminders. The design of the media campaign is expected to help visitors in getting information about Kopi Tarik Ungaran so as to increase visits

References

Anitah, Sri. 2008. Media Pemelajaran Modul PLPG. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Ardhi, Yudha. 2013. Merancang Promosi Unik dan Menarik. Yogjakarta : TAKA Publisher.

Cahyono, Bambang Tri. 1995. Strategi Promosi. Jakarta: Badan Penerbit IPWI.

Departemen Pedidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Damanik, Janianton & Weber, Helmut F. 2006. Perencanaan Ekowisata: Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: Andy.

Fahrur, Fai. 2013. Pengertian Kalender. On line at http:/rajanametag.com/ Promosi_kalender.html/2013/01. (diakses terakhir pada 08 November 2014).

Gito Sudarmono, H Indriyo. 2001. Manajemen Strategi, Jilid I Edisi Pertama. Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer ( Teori Grafis Komputer ) Yogyakarta.

Poerwadarminta, S. Wiji. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pendit, Nyoman S. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Rustan, Surianto. 2009. Lay Out Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia.

Sachari, Agus.1986. Paradigma Desain Indonesia. Jakarta: CV Rajawali.

Sachari, Agus dan Yan Yan Sunarya. 2000. Tinjauan Desain. Bandung: Penerbit ITB.

Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suhandang, Kustadi. 2005. Periklanan; Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Penerbit Nuansa.

Sunaryo, Aryo. 2002. Nirmana I. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suwantoro, Gamal. 2005. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyanto, M. 2006. Strategi Perancangan Iklan Outdoor Kelas Dunia. Yogjakarta: Andi

Tjiptono, Fandi. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

www.bekasipin.com/2014/01/pengertian-pin-atau-bros.html, (diakses terakhir pada 22 September 2014)

http://www.dacostume.com/tag/sejarah-definisi-kaos/.(diakses pada tanggal 28 September 2014, 18:15 WIB)

http://www.kopitarikungaran.blogspot.com (diakses pada tanggal 29 Januari 2015, 19:45 WIb )

http://tabloidbo.com (diakses pada tanggal 5 februari 2015, 17.00 WIB)

http://www.mediakampuslpkk.com/kopi-tarik-yang-menarik-minum-kopi-di-kampong-ungaran (diakses pada tanggal 7 februari 2015, 18.30 WIB)

http://balittri.litbang.pertanian.go.id/index.php/component/content/article/49-infotekno/181-kopi-tarik-ala-aceh (diakses pada tanggal 20 februari 2015, 20.00 WIB)

http://id.wikipedia.org/wiki/Produksi_kopi_di_Indonesia (diakses pada tanggal 18 februari 2015, 21.05 WIB)

https://id.wikipedia.org/wiki/Topi (diakses pada tanggal 7 agustus 2015, 21.35 WIB)

http://www.thefreedictionary.com/printed (diakses terakhir 13 Juni 2015, 23.15 WIB )

Published
2019-10-28
How to Cite
verdiansyah, komang. (2019). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERCETAK KOPI TARIK UNGARAN. Arty: Jurnal Seni Rupa, 5(1), 11-22. https://doi.org/10.15294/arty.v5i1.12026
Section
Articles