PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI VERTICO STUDIO YOGYAKARTA

  • Amalia Putri Fadhila Universitas Negeri Semarang
  • Supatmo Supatmo Universitas Negeri Semarang

Abstract

Vertico Studio adalah sebuah agensi digital yang menyediakan jasa dibidang industri kreatif seperti pembuatan website. Minimnya penyedia jasa pembuatan website yang berkualitas di Yogyakarta serta ingin memperluas sayap bisnis dengan memenuhi kebutuhan konsumen lainnya seperti corporate branding menjadikan Vertico Studio termotivasi untuk merancang ulang identitas visual perusahaannya. Hal ini dikarenakan perusahaan ingin mengembangkan agensinya menjadi agensi besar yang siap memasuki pasar nasional maupun internasional.Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan perancangan ulang identitas perusahaan “Vertico Studio†yang mencakupi logo, stationery set yang meliputi kop surat, amplop, kartu nama, merchandise, dan media cetak seperti poster.Proses perancangan Proyek Studi ini melalui 4 tahap yaitu proses preliminary, pra- produksi, produksi dan pasca-produksi. Proses preliminary terdiri dari pengumpulan data dengan metode wawancara, riset, dan studi pustaka. Proses pra-produksi terdiri dari penetapan tujuan, penentuan konsep serta strategi visual. Proses produksi terdiri dari sketsa, digitalisasi, layouting, dan cetak. Sedangkan proses pasca produksi meliputi penyajian karya dan publikasi.Upaya memperkenalkan citra baru perusahaan kepada masyarakat, mengantisipasi hambatan, memanfaatkan peluang dan menghadapi persaingan bisnis yang semakit ketat, maka semakin disadari perlunya strategi pemasaran yang bukan hanya didasarkan pada kebutuhan konsumen, tetapi juga para pesaing usaha dalam bidang sejenis. Pada perancangan ulang dan dalam pemilihan aplikasi kebeberapa media disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan target pemasaran yang ditentukan berdasarkan riset, analisis, dan pengolahan ide yang dirumuskan dalam creative brief. Perancangan ini mengusung konsep modern, dinamis, dan sederhana. Desain corporate identity dan media komunikasi lainnya diimplementasikan dengan bentuk media yang dapat mencerminkan kesan modern, dinamis, dan sederhanaserta kesan dinamis diimplementasikan pada tatanan layout serta pemilihan warna pada proyek perancangan ulang identitas visual.

Published
2019-10-28
How to Cite
Fadhila, A., & Supatmo, S. (2019). PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI VERTICO STUDIO YOGYAKARTA. Arty: Jurnal Seni Rupa, 6(1), 1-20. https://doi.org/10.15294/arty.v6i1.15678
Section
Articles