AKTIVITAS NELAYAN JEPARA SEBAGAI INSPIRASI SENI LUKIS
Abstract
Penulis bertujuan mengangkat dan menghargai kehidupan nelayan yang keras (masyarakat marginal) dengan cara menuangkan ide dalam karyanya berbentuk lukisan. Bahan yang digunakan penulis dalam pembuatan karya ini menggunakan kanvas dan cat minyak. Teknik yang digunakan penulis yaitu teknik palet menggunakan media cat minyak dengan karakteristik sapuan cat minyak dengan alat pisau palet. Gaya yang digunakan dalam membuat karya ini adalah gaya impresionistik. Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan. Penulis menggunakan pendekatan impresionis yang penggambaran lukisan berdasarkan keadaan survai disampaikan dengan penerapan ekspresi impresionisme. Dalam proses berkarya, penulis menuangkan ide menjadi gambar rancangan, kemudian melakukan sapuan pada kanvas secara berlapis-lapis. Agar warna terlihat mengkilap, penulis menggunakan minyak linseed oil. Dalam proses berkarya menghasilkan sebanyak 10 karya dengan tema subjek nelayan yang menggambarkan aktivitas. Ciri khas karya lukis impresif yang ditampilkan oleh penulis adalah terletak pada teknik sapuan pisau palet dalam memadukan warna. Sehingga menjadi garis-garis tekstur, kaya akan gradasi, komposisi warna dan ekspresi impresionisme serta menampilkan subjek nelayan dan subjek pendukung berupa perlengkapan aktivitas para nelayan dan hasil lukisan bertekstur kasar yang juga membedakannya dengan gaya melukis pada umumnya. Dalam proses berkarya, penulis menemukan cara yang dapat memudahkan saat pengerjaan karya seni lukis gaya imprsesionistik dengan menggunakan teknik palet.
Author aims to elevate and appreciate the hard life of fishermen ( marginal ) by way of his ideas in the form of paintings . Materials used in the manufacture of this work the authors use the canvas and oil paints . Techniques used are techniques writers use the medium of oil paint palette with oil paint strokes with the characteristics of the tool palette knife . Style used in making this work is impressionistic style . The main characteristic is the strong strokes of Impressionism paintings . The author uses illustrative painting impressionist approach based on a state survey submitted with the application impressionism expression . In the working process , the authors design ideas into images , then do a sweep of the canvas in layers. So that the color looks shiny , the author uses oil linseed oil . In the process of work produced as many as 10 works with themes that describe the subject of fishing activity . Characteristic of impressive paintings displayed by the authors are located at the sweep technique of combining color palette knives . Thus becoming stripes texture , rich gradation , color composition and expression of impressionism and showing the subject and subject fishermen supporter of the activities of the fishing gear and the results of coarse -textured paintings that also distinguishes the style of painting in general . In the process of work , the authors find a way to facilitate the construction works of art using techniques imprsesionistik style palette .
References
Bastomi, Suwadji. 1992. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press.
Berrill, Philip. 2005. Serba-Serbi Tentang Melukis: Lukisan Cat Minyak. Malaysia: Cerdik Publications.
Departemen Kelautan dan Perikanan. 2001. Pedoman Umum Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir.
Imron, Masyuri. 2003 "Kemiskinan dalam Masyarakat Nelayan" dalam Jurnal masyarakat dan budaya. PMB -LIPI.
Kusnadi. 2002. Nelayan Strategi Adaptasi dan jaringan Sosial. Humaniora Utama Press. Bandung.
Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan: Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Perikanan. Yogyakarta: LKIS
Kusnadi. 2003. Akar Kemiskinan Nelayan. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.
Sahman , Humar. 1993. Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sastrawidjaya. dkk. 2002. Nelayan Nusantara. Pusat Riset Pengolahan Produk Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta.
Siregar, Aminudin TH dan Enin Supriyanto (ed.). 2006. Seni Rupa Modern Indonesia: Esai-esai Pilihan. Jakarta: Nalar.
Sudarmadji. 1979. Seni dan Permasalahannya. Yogyakarta: Saku Dayar Sana.
Sunaryo, Aryo. 2002. NIRMANA I. Hand Out. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Tidak dipublikasikan.
Susanto, Mike. 2002. Diksi Rupa. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Linseed_oil).
(http://dislutkan.jeparakab.go.id/index.php/web/data/2.2).
(http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Jepara).
(http://jakarta.kompasiana.com/sosialbudaya/2012/04/26/nelayan-indonesia-452640.html).
(http://kuliahitukeren.blogspot.com/2011/07/pengertian-nelayan.html,).
(http://www.amazine.co/22352/apa-itu-impresionisme-sejarah-seni-lukis-impresionisme/).