PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI MANFAAT BUAH TOMAT DALAM BENTUK MEDIA TERCETAK BAGI MASYARAKAT JAWA TENGAH

  • Kisrochah Kisrochah Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Socialization Media, Printed Media

Abstract

Tujuan proyek studi: untuk mengaplikasikan pengalaman dan pengetahuan selama masa perkuliahan ke dalam suatu bentuk karya komunikasi visual untuk membantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mensosialisasikan manfaat buah tomat kepada masyarakat Jawa Tengah khususnya usia remaja yaitu antara 14 sampai 20 tahun, guna mendukung program gerakan sadar gizi. Media komunikasi visual tercetak merupakan salah satu media sosialisasi yang berfungsi sebagai alat penyampai pesan yang di dalamnya terdapat pesan visual maupun verbal yang dapat ditangkap dengan indra penglihatan, pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam bentuk visual. Dalam berkarya desain, penulis mencoba untuk membuat karakter baru yang merupakan bentuk penggabungan dari buah tomat dan figur manusia yang menghasilkan karakter baru tengan teknik gambar berbasis vektor menggunakan software Corel Draw X4 dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk media komunikasi visual tercetak. Media yang digunakan di antarannya adalah brosur, poster, dan merchandise yang berupa pembatas buku, stiker, mug, T-Shirt dan pin.  Dalam proyek studi ini, penulis menyajikan delapan karya desain yang keseluruhannya menampilkan desain karya visual. Karya-karya tersebut merupakan daya kreativitas penulis, pada puncak bentuk penyampaian proyek studi ini adalah dengan melakukan pameran di kampus Seni Rupa Universitas Negeri Semarang.

 

Study project objectives : to apply the experience and knowledge during the lectures into a form of visual communication work to help the Central Java Provincial Health Office in order to promote the benefits of tomatoes to the people of Central Java is especially teens between 14 to 20 years , in order to support the movement aware of nutrition . Printed visual communications media is one medium of socialization that serves as a messenger tool which there are visual and verbal messages that can be captured by the sense of sight , the message delivered is poured into a visual form . In design work , the author tries to make a new character that is a form of incorporation of tomato fruit and human figures that produces new characters amid a vector-based drawing techniques using Corel Draw X4 software and applying it to the printed form of visual communication media . Media used in antarannya are brochures , posters , and merchandise in the form of bookmarks, stickers , mugs , T - shirts and pins . In this study project , the author presents eight overall design work featuring the work of visual design . These works is the power of creativity the author , at the peak of form submission of this study project is to conduct on-campus exhibition of Fine Arts , State University of Semarang .

 

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.1979. Daftar Komposisi Bahan Makanan.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2012. Artikel Online. (http://www.dinkesjatengprov.go.id/dokumen/KIP2012/kip_25Sept12.pdf, diakses pada tanggal 7 februari 2013)

Fitriani, Emi. 2012. Untung Berlipat Budidaya Tomat. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Kusumo, Romli Ainul. 2010. Sayur + Buah = Sehat. Yogyakarta: Pionir Media.

Nugroho, Eko. 2008. Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Andi.

Prasetyono, Dwi Sunar. 2012. A-Z Daftar Tanaman Obat Ampuh di Sekitar Kita. Yogyakarta: FashBook.

Rusminto. 2010. Pengertian Media Visual. Artikel Online. http://drusminto.blogspot.com/2011/06/pengertian-media-visual.html. (diakses tanggal 2 september 2013)

Rustan, Surianto. 2010. Layout: Dasar dan Penerapannya. Jakarta : Penerbit Gramedia.

Sachari, Agus. 1999. Paradigma Desain Indonesia. Jakarta: Rajawali.

Safanayong, Yongki. 2006. Desain komunikasi Visual Terpadu. Jakarta : Arte Intermedia.

Sunardi. 2005. Tersedia pada http://sunardipw.blogspot.com. (diakses pada tanggal 16 Maret 2011)

Suryantoro, Vega Bayu. 2012. Proyek Study Prodi Seni Rupa Kons.DKV. Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Untuk Anak Kelas 4 Sekolah Dasar. UNNES

Syamri. 2010. Pengertian Konsep. Artikel Online (http://id.shvoong.com/writing-andspeaking/2035426-pengertian-konsep/. (diakses tanggal 25 Februari 2011).

Wanasaba. 2012. Jenis-jenis Media Komunikasi dan Peranannya. Artikel Online. (http://rohadiwanasaba.vv.si/2012/12/jenis-jenis-media-sosialisasi-dan-peranannya-sos-x-2. diakses tanggal 10 september 2013)

Wikipedia Bahasa Indonesia. Maskot. Artikel Online. http://id.wikipedia.org/wiki/Maskot, diakses pada tanggal 7 Februari 2013)

Yoga. 2005. Coreldraw Untuk Bisnis. Jakarta : Gramedia

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/563/jbptunikompp-gdl-reginidian-28121-4-bab2-reg-a.pdf. (diakses tanggal 12 september 2013)

How to Cite
Kisrochah, K. (1). PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI MANFAAT BUAH TOMAT DALAM BENTUK MEDIA TERCETAK BAGI MASYARAKAT JAWA TENGAH. Arty: Jurnal Seni Rupa, 2(1). https://doi.org/10.15294/arty.v2i1.2428
Section
Articles