PERANCANGAN MEDIA LINI BAWAH SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI RUMAH SAKIT ISLAM MUHAMMADIYAH DI KENDAL JAWA TENGAH
Abstract
Tujuan Proyek Studi; menggunakan media lini bawah dengan memanfaatkan Rumah Sakit Islam Kendal sebagai tempat untuk melakukan promosi. Konsep green hospital pada Rumah Sakit Islam Kendal juga perlu dipromosikan sebagai identitas Rumah Sakit yang ramah lingkungan. Tidak hanya tercermin dari warna hijau yang merupakan identitas Rumah Sakit namun lebih memiliki tujuan untuk membentuk suatu suasana rumah sakit yang alami dan bersahabat dengan alam. Pembuatan media lini bawah berupa (1) Peralatan kantor (Stationary) berupa ; Amplop, Stop Map, Kartu Nama, (2) Media release berupa ; X Banner, Brosur, Leafleat, Poster, (3) Barang Kenangan (Merchandise) berupa ; Mug, Stiker, Jam meja, T-shirt, Pin, diawali dengan mempertimbangkan konsep go green yang diinginkan yang kemudian diolah dengan menggunakan teknik grafis komputer yaitu Adobe Photoshop CS dan Corel Draw X5 dan menggunakan media kamera sebagai alat pengambilan gambarnya. Karya media dicetak menggunakan media/ bahan yang berbeda-beda sesuai jenis karya. Hasil rancangan media promosi yang telah tercetak untuk kemudian dipamerkan dalam sebuah pameran karya untuk dapat dinikmati oleh audience. Sehingga dapat diambil kesimpulan, yaitu: akhirnya penulis mampu menyajikan beberapa alternatif media promosi yang sesuai dengan kebutuhan Rumah Sakit Islam Kendal dalam bentuk media lini bawah kepada khalayak sasaran.
Studies project objectives ; using bellow the line media by utilizing the Islamic Hospital Kendal as a place to do the promotion . The concept of green hospital in Kendal Hospital Islamic identity also needs to be promoted as an environmentally friendly hospital . Not only reflected in the color green which is the identity of the hospital but rather has the goal to establish a hospital atmosphere and friendly nature with nature . Bellow the line media creation ( 1 ) Office equipment ( Stationary ) form ; Envelope , Stop Folder , Business Card , ( 2 ) Media release form ; X Banner , Brochure , Leafleat , Poster , ( 3 ) Memories Goods ( Merchandise ) form ; Mug , stickers , table clock , T - shirt , Pin , beginning with the concept go green considering that desired then processed using computer graphics techniques are Adobe Photoshop CS and Corel Draw X5 and use the camera as a tool of media taking pictures . Printed media works using media / materials varies according to the type of works. The design of a media campaign that has been printed for later exhibited in an exhibition of the works to be enjoyed by the audience . So it can be concluded , that : the end the author is able to present some alternative media campaign that fits the needs of Islamic Hospital Kendal bellow the line media to the target audience
References
Budi Santoso, Setyo. 2010. Media Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Catering Nayaka, Solo: Universitas Sebelas Maret Surakarta
Buk. Depkes. 2012. Menerapkan Green Hospital di Rumah Sakit, http://buk.depkes.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=324:menerapkangreenhospitaldirumahsakit&catid=1:latest-news) ( download tanggal : 8 November 2012 pukul 15.47 WIB)
Hartono, B. 2010. Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit, Jakarta : rineka cipta
Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi, Yogyakarta: PENERBIT KANISIUS
Kasali,R. 1993. Manajemen Periklanan, Jakarta : Grafiti
Kusrianto, A. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer), Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Rahayu Sedyaningsih, E. 2010. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 1787/MENKES/PER/XII/2010 Tentang Etika Periklanan dan Promosi Rumah Sakit, Jakarta : Berita Negara Republik Indonesia
Sachari, Agus. 2005. Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa dan Desain (Arsitektur, Seni Rupa, dan Kriya), Jakarta :penerbit Erlangga
Sediono,T. Sukardi,M. 1983. Teori Cetak Offset, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Jakarta Pusat
Supriyanto dan Ernawaty. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan, Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Supriyono, R. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Suryantoro, S. 2007. Seri Buku Pintar : Menjadi Seorang Desainer Grafis, Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Syamsuddin,D. 2011. Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor : 01/PED/I.0/B/2011 tentang Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah, Yogyakarta : Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Warto. 2009. Media Periklanan, Purwokerto : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, http://warto.wordpress.com /media periklanan-/: download tanggal :21 Desember 2012 pukul 17.39 WIB)
Wijanarko.L. 2009. Desain Komunikasi Visual,http://www.ahlidesain.com/indek.php?% 20Itemid=517 ( download tanggal : 30 September 2012 pukul 10.32 WIB)