SERANGGA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS
Abstract
Tujuan Proyek Studi ini adalah menciptakan karya seni lukis dengan personifikasi simbolik serangga sebagai respon perilaku kehidupan dengan media cat akrilik. Metode yang digunakan dalam berkarya meliputi pemilihan media, teknik berkarya, dan proses berkarya. Media yang digunakan berupa bahan (cat akrilik, cat tembok, kanvas) dan alat (pensil grafit, kuas, pisau palet, palet, semprotan, ember dan air, dan kain lap). Teknik yang diterapkan menggunakan gaya surealistik. Metode proses berkaryanya meliputi tahap konseptualisasi, tahap visualisasi, dan tahap penyajian. Proyek studi ini menghasilkan: 9 buah karya lukis bersubjek serangga yang berjudul “Tolonglah Aku” (karya I), “Janganlah” (karya II), “Ikhlas” (karya III), “Malam Yang Indah” (karya IV), “Mimpi (karya V), “Jatuh” (karya VI), “Pasrah’’(karya VII), “Satu (karya VIII), dan “Berjuang” (karya IX), dengan ukuran lukisan bervariasi dari yang terkecil 80 cm x 80 cm sampai yang terbesar 180 cm x 100 cm. Kesembilan karya dikerjakan menggunakan gaya surealistik. Manfaat yang diperoleh dalam melukis dengan menggunakan cat akrilik adalah pada proses kemudahan dan kesulitan penggunaannya. Kemudahannya adalah cat akrilik mempunyai rentang waktu pengeringan cukup cepat, sehingga bisa ditindas dengan warna selanjutnya. Kesulitannya adalah pada proses pengolahan warna cepat kering, sehingga dengan kesulitan tersebut penulis harus teliti dan tidak boleh tergesa dalam pengolahan warna.
Project Objective This study is to create works of art with symbolic personification of life behavior of insects in response to media acrylic paint. The method used in the work include media selection, engineering work, and the work process. Media used in the form of materials (acrylic paint, wall paint, canvas) and tools (graphite pencil, brush, palette knife, palette, sprays, buckets and water, and a washcloth). The technique is applied using a surrealistic style. Berkaryanya process method includes the step of conceptualization, visualization stage, and stage presentation. This study projects produce: 9 pieces bersubjek insect paintings entitled "Help Me" (paper I), "Do not" (paper II), "Ikhlas" (paper III), "A Beautiful Night" (paper IV), "Dream (paper V), "Falling" (paper VI), "Surrender'' (paper VII)," the (paper VIII), and "Fighting" (paper IX), the size of the paintings vary from the smallest 80 cm x 80 cm to the largest 180 cm x 100 cm. Ninth work is done using surrealistic style. Benefits gained in painting using acrylic paint is on the ease of use and trouble. Simplicity is the acrylic paint has a drying time frame pretty quickly, so it can be suppressed with the next color. The difficulty is to dry fast color processing, so that the difficulties that the author should be careful and should not be hasty in color processing.
References
Arrigo Hagi R. Dragonfly, Encyclopaedia Britannica. Download 3 februaari 2010)
Bastomi, Suwaji. 1982. Seni Rupa Indonesia Awal sampai Jaman Kerajaan Islam. Jakarta: Lembaga Pendidikan Kesenian.
______________ 1988. Apresiasi Kesenian Tradisional. Semarang: IKIP.
______________ 1992. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press.
Borror, D.J., C.A. Triplehorn & N.F. Jhonson, 1996. pengenalan Pelajaran Serangga . Gadjah Mada University Prees. yogyakarta.
Koentjaraningrat, 1986. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Marianto, Dwi M. 2001. Surealisme Yogyakarta. Yogyakarta: Rumah Penerbitan Merapi.
Moeliono M, Anton. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Musyarofah. 1993. Goresan Lewat Imaji Surealistik. Jakarta: Laras.
Raharjo, J, Budhy. 1984. Buku Sumber: Himupunan Materi Pendidikan Seni, Seni Rupa. Bandung: CV, Yrama.
Rondhi, Mohammad. 2002. Tinjuan Seni Rupa. Paparan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES
Sahman, Humar. 1993. Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Siregar, Aminudin T.H dan Enin Supriyanto. 2006. Seni Rupa Modern: Esai-esai Pilihan. Jakarta: Nalar
Siswanto dan Wiratnodan E.A. Wikardi 2001. Peran serangga penyerbuk dalam mengoptimalkan produksi jambu mente. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat.
Soedarso SP. (1990), Tinjauan Seni: Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Suku Daya Sama.
Sumber : Lentera Al Quran Kisah dan Hikmah Kehidupan, karangan M. Quraish Shihab. Penerbit Mizan, bandung 2008. Dan ms.wikipedia.org/wiki/lebah. Juga ms.wikipedia.org/wiki/semut (download tanggal 2-8-2013)
Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB
Sunaryo, Aryo. dan Anton Sumartono. 2006. Seni Lukis Dasar (Bahan Ajar Seni Lukis). Semarang: Jurusan Seni Rupa Unnes
Sunaryo, Aryo. 2002 Nirmana 1. Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.
Susanto, Mikke. 2002. Diksi Rupa Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius
Waluyo, Lud. 2004. Mikrobiologi Umum. UMM PRESS, Malang. (download 2 Juli 2013)
http://id.harunyahya.com/id/Buku/864/menyingkap-rahasia-alam-semesta/chapter/2355 (tanggal 2-8-2013)
http://mengikatinspirasi.blogspot.com/p/inspirasi.html (download tanggal 2-8-2013) http://uniqpost.com/46050/keindahan-kupu-kupu-inspirasi-degradasi-warna/ (download 27 Juni 2013)
http://bangharri.blogspot.com/2012/02/fakta-seputar-kehidupan-nyamuk.html download 3 Juli 2013
http://www.kaskus.co.id/thread/50bb35131d7608af73000045/10-fakta-unik-tentang-kecoa. (download 5 Juli 2013)
http://mertayasakomang.blogspot.com/2012/07/penger-tian-sen-i-dalam-kamus-besar.html (download tanggal 2-8-2013)
http://id.wikipedia.org/wiki/Metamorfosis( Download 25 Mei 2013)
http://Dewa-ruci.tumblr.com/ .( download 2 Juli 2013)
http://radiosmasher.blogspot.com/2011/01/dampak-ekonomi bagi-pertumbuhan.html
http://organisasi.org/definisi-pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-macam masalah-sosial-dalam-masyarakat