VIDEO PROMOTION PLANNING OF DESA WISATA BATIK TULIS LASEM

  • Faizal Adi Suwignyo

Abstract

Proses perancangan video promosi pada Desa Wisata Batik Tulis Lasem menggunakan unsur dan prinsip pembuatan video untuk menghasilkan video yang baik. Desa Wisata Batik Tulis Lasem adalah sebuah Desa Wisata yang berdiri sejak tahun 2015 yang masih memerlukan media promosi guna mengangkat citra serta meningkatkan audience. Tujuan proyek studi ini adalah mengenalkan Desa Wisata Batik Tulis Lasem dengan membuat media promosi yang berupa video promosi. Perancangan media komunikasi visual ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan pencarian ide karya, pengumpulan data, analisis khalayak sasaran, penentuan konsep, strategi publikasi, pembuatan story line, pembuatan story board, penetapan lokasi pengambilan gambar, briefing, take video, menyatukan scene per scene, editing, konsultasi dosbing, rendering, uploading video dan penyajian karya. Hasil perancangan ini adalah video promosi. Saran yang dapat dikemukakan, perancangan video promosi ini dapat menjadi media alternatif untuk menyampaikan informasi atau sosialisasi kepada konsumen atau wisatawan. Mengingat perkembangan teknologi dan informasi semakin maju maka dibutuhkan pula media yang sesuai dan dapat menjangkau konsumen atau wisatawan yang lebih luas tidak hanya secara spesifik dalam satu lingkup.

Published
2020-08-18
How to Cite
Suwignyo, F. A. (2020). VIDEO PROMOTION PLANNING OF DESA WISATA BATIK TULIS LASEM. Arty: Jurnal Seni Rupa, 7(1), 11-26. https://doi.org/10.15294/arty.v7i1.40266
Section
Articles