PEMANFAATAN PEWARNA NABATI DALAM PEMBELAJARAN MELUKIS DI SMP NEGERI 3 TANJUNG KABUPATEN BREBES

  • Wisnu Dian Purwoko Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: utilization, vegetable dyes, learning to paint .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melukis menggunakan pewarna nabati di kelas IX SMP Negeri 3 Tanjung, menganalisis dan menjelaskan hasil karya siswa dalam pembelajaran melukis menggunakan pewarna nabati tersebut, dan mengidentifikasi determinan pembelajaran melukis menggunakan pewarna nabati di SMP Negeri 3 Tanjung. Hasil penelitian ini bermanfaat menambah khasanah berpikir tentang pengembangan pemanfaatan pewarna nabati dalam pembelajaran melukis. Sasaran penelitian terfokus pada masalah penelitian. Lokasi penelitian ini berada di SMP Negei 3 Tanjung Kabupaten Brebes. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Determinan dalam pembelajaran melukis menggunakan pewarna nabati di kelas IX SMP negeri 3 Tanjung terbagi atas pendukung, antara lain ketersediaan tumbuhan yang cukup, minat dan motivasi siswa yang tinggi, figur guru pengampu memiliki kemampuan berkarya yang baik, sikap guru yang ramah, cara mengajar guru yang menarik, dan dukungan yang baik dari pihak sekolah, serta faktor yang menghambat, antara lain kurang sesuainya tema dengan teknik melukis, dan belum tersampaikannya pemahaman mengenai aspek penilaian karya kepada siswa.  

References

Rasjoyo, 1996. Pendidikan Seni Rupa untuk SMU Kelas 1. Jakarta : Erlangga.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Salam, S. 2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Sobandi, B. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sukimin, A.W. dan Sutandur, E. 2007. Terampil Berkarya Seni Rupa 3. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sunaryo, A. dan Anton Sumartono. 2006. “Seni Lukis Dasarâ€. Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Jurusan Seni Rupa tidak dipublikasikan.

Syafii. 2006. “Konsep dan Model pembelajaran Seni Rupaâ€. Bahan Ajar Seni Rupa. Jurusan Seni Rupa tidak dipublikasikan

How to Cite
Purwoko, W. (1). PEMANFAATAN PEWARNA NABATI DALAM PEMBELAJARAN MELUKIS DI SMP NEGERI 3 TANJUNG KABUPATEN BREBES. Arty: Jurnal Seni Rupa, 3(1). https://doi.org/10.15294/arty.v3i1.4030
Section
Articles