EKSOTIKA BANGUNAN DI KOTA LAMA SEMARANG DALAM KARYA SENI LUKIS CAT AIR

  • Novian Kurniadi Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: building, media, techniques, works of art.

Abstract

Proyek studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam bidang seni lukis cat air dan menyajikan subject matter bangunan dan lingkungan daerah Kota Lama Semarang. Media yang digunakan penulis dalam proyek studi ini menggunakan cat air di atas kertas. Sedangkan teknik yang penulis gunakan dalam proyek studi adalah teknik campuran yaitu paduan antara wet in wet dan wet on dry. Penerapan kedua teknik oleh penulis menginginkan goresan yang ekspresif sehingga lukisan dapat menampilkan warna yang segar. Karya seni lukis yang dibuat merupakan karya seni lukis dengan pendekatan realistis, dan sesuai dengan kaidah perspektif terutama untuk menghadirkan ilusi volume, bentuk dan kedalaman ruang, subyek lukisan berupa bangunan dan lingkungan di sekitarnya. Warna yang tersaji sebagian besar adalah warna-warna redup dan cenderung monokromatis yang dipadukan secara harmonis. Secara keseluruhan dari kedua belas karya lukis ini mengambil tema bangunan kuno peninggalan Kolonial Belanda yang ada di kota Lama Semarang.

References

Isjoni. Moh Arif, Ismail, dan Roslaili Mahmud. 2008. ICT untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. Ridwan dan Posmaria S. Sitohang. 2008. Pemanfaatan Blog untuk Bisnios, Hobby, dan Pendidikan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Theory, Research, and

Practice. The John Hopkins University: Printed in the USA.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur dan Aceng Ruhendi Saifullah. 1990. Membaca ddalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

How to Cite
Kurniadi, N. (1). EKSOTIKA BANGUNAN DI KOTA LAMA SEMARANG DALAM KARYA SENI LUKIS CAT AIR. Arty: Jurnal Seni Rupa, 3(1). https://doi.org/10.15294/arty.v3i1.4033
Section
Articles