APLIKASI FOTOGRAFI MAKANAN PADA BERBAGAI PANDUAN WISATA KULINER KHAS KABUPATEN PEMALANG
Abstract
Penulis membuat perancangan media promosi dalam bentuk media tercetak yang bertujuan untuk menjembatani informasi yang ditujukan kepada masyarakat khususnya wilayah Pemalang. Secara garis besar proses pembuatan proyek studi ini melalui empat tahap yang meliputi: (1) tahap persiapan (penelitian, penentuan sasaran khalayak, dan strategi media); (2) persiapan memotret makanan; (3) memotret makanan; (4) mendesain media panduan wisata kuliner. Dalam proses pembuatannya, penulis menggunakan pendekatan fotografi makanan dan food styling untuk menghasilkan foto yang lebih menarik dan lebih menggugah selera bagi yang melihatnya. Program yang digunakan sebagai penciptaan desain adalah Adobe Photoshop CS6 dan CorelDraw X4. Setelah desain sudah siap cetak, kemudian di-print out dalam berbagai media seperti kertas ivory, dan CTS. Â Proyek studi ini menampilkan 15 fotografi makanan khas Pemalang. Foto ini kemudian diaplikasikan ke dalam media tercetak, yang meliputi katalog, kalender meja, agenda, yang masing-masing dengan 2 alternatif desain, 1 leaflet, 1 kalender meja dan 1 booklet.
References
Ambarsari, Riana. 2012. Food Photography for Everyone. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Buchari, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Djaslim, Saladin. 2002. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Linda Karya.
Departemen Pedidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Ernayanti, dkk. 2003. Ensiklopedi Makanan Tradisional di Pulau Jawa dan Pulau Madura. Deputi bidang pelestarian dan pengembangan kebudayaan, asdep. Jakarta: Proyek pelestarian dan pengembangan tradisi dan kepercayaan.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Poerwadarminta, S. Wiji. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Sachari, Agus.1986. Paradigma Desain Indonesia. Jakarta: CV Rajawali.
Sachari, Agus. 2005 Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa dan
Desain (Arsitektur, Seni Rupa, dan Kriya), Jakarta, penerbit Erlangga.
Shimp, Terence, Periklanan dan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta, penerbit Erlangga, 2003.
Sukarya, Deniek. 2009. Kiat Sukses Deniek G. Sukarya dalam Fotografi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Sulaeman, Amir Hamzah. 1981. Teknik Kamar Gelap Untuk Fotografi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sunaryo, Aryo. 2008. “Pembelajaran Mata Kuliah Fotografi 1â€. Handout. Jurusan Seni Rupa, Fakultas FBS, Unnes. Tidak dipublikasikan.
Sunaryo, Aryo. 2008. “Nirmana 1â€. Handout. Jurusan Seni Rupa, Fakultas FBS, Unnes. Tidak dipublikasikan.
Admin. 2012. Food Photographer Indonesia. Dalam http://fotomakanan.com Diakses pada tanggal 12 Desember 2012.
Admin. 2012. Fotografer Makanan. http://fotografermakanan.com Diakses
pada tanggal 12 Desember 2012
Anonim. 2009. Profil Kabupaten Pemalang. Dalam http://www.pemalangkab.go.id Diakses pada tanggal 26 November 2012
Anonim. 2013. Menciptakan Hidangan Lebih Hidup dengan Food Photography. Dalam http://foodservicetoday.co.id Diakses pada tanggal 15 April 2013.
Anonim. 2012. Bercerita Rasa Makanan Lewat Food Photography. Dalam http://www.infotografi.com/ Diakses pada tanggal 15 April 2013
Indravaganza. 2010. Makanan Khas Pemalang. Dalam http://indravaganza.wordpress.com Diakses pada tanggal 26 November 2012
Kismiaji S.Sn. 2008. Definisi Desain Komunikasi Visual. Dalam http://islamicgraphicdesign.blogdetik. Com Diakses pada tanggal 26 November 2012
Daren Rowse. 2013. Food Photography – An Introduction. Dalam http://digital-photography-school.com Diakses pada tanggal 27 Februari 2013.
Sps. 2009. Food Stylist, Ahli Menata Hidangan. Dalam http://apasajalah.wordpress.com Diakses pada tanggal 12 Desember 2012
Sunardi Purwo Suwito. 2005. Prinsip-prinsip Desain. Dalam http://sunardipw.blogspot.com Diakses pada tanggal 26 November 2012