PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERPADU UNTUK TAHU BAXO IBU PUDJI

  • Galih Wisudha Pratama Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: integrated media campaign, souvenirs, printed media

Abstract

Penulis bertujuan untuk membuat media promosi yang memperkuat brand awareness dan memperluas pasar Tahu Baxo Ibu Pudji, sehingga tetap menjadi market leader.  . Setiap desain menonjolkan dominasi pada objek utama berupa foto, sedangkan elemen lainnya cenderung tegas dan datar. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan kesan elegan, higienis, dan moderen. Warna utama yang digunakan adalah jingga dan hijau tua. Hijau adalah warna wajib Tahu Baxo Ibu Pudji, namun pada desain media promosi terpadu ini digunakan warna hijau yang lebih tua agar tidak terlalu kontras pada bidang putih. Warna jingga adalah merupakan warna komplementer warna hijau. Jingga juga berasosiasi dengan sifat hangat/ panas produk Tahu Baxo Ibu Pudji. Proyek studi menghasilkan 24 rancangan media promosi terpadu. Media promosi terpadu ini dirancang untuk diaplikasikan pada periode Januari – Juni 2015. Setiap media promosi tersebut mengangkat positioning Tahu Baxo Ibu Pudji sebagai “pelopor oleh-oleh khas Ungaranâ€. 24 media promosi ini diklasifikasikan menjadi corporate identity, kemasan, outdoor media, advertising, in store media, dan merchandise.

References

Aaker, David. 1996. Building Strong Brand. New York : John Willey.

Kotler, Phillip. 2002. Marketing Asian Places. Singapura : John Willey & Sons.

Kusrianto, Aji. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi.

Rangkuti, F. 2004. The Power of Brands. Jakarta : Gramedia.

Safanayong, Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta : Arte Intermedia.

Setiawan, Nancy. 2011. Skripsi : Perancangan Corporate Identity PT. Samudera Lintas Timur. Surabaya : UK Petra.

Suharto, Frans. 1997. Perencanaan Media Periklanan.Jakarta : Lembaga Pengkajian Komunikasi Pemasaran.

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi.

Swastha, Basu. 1987. Azas-Azas Marketing Edisi ke-3. Yogyakarta : Liberty.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta : Jalasutra.

How to Cite
Pratama, G. (1). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERPADU UNTUK TAHU BAXO IBU PUDJI. Arty: Jurnal Seni Rupa, 3(1). https://doi.org/10.15294/arty.v3i1.4042
Section
Articles