A REDESIGN OF VISUAL IDENTITY AND ITS APPLICATIONS IN NURSALAM TRAVEL PROMOTION MEDIA IN KARAWANG

  • Isra Hidayati UNNES, Central Java, Indonesia

Abstract

Penelitian ini memfokuskan permasalahan yang dihadapi oleh salah satu biro perjalanan Haji dan Umrah di Karawang, yakni Nursalam Travel. Permasalahan dirumuskan sebagai kurangnya kesadaran pemilik bisnis mengenai pentingnya brand awareness dan manajemen promosi. Oleh karena itu, diperlukan suatu rancangan identitas visual yang akan diaplikasikan pada media promosi. Kontribusi perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan citra pelaku usaha dan meningkat omset penjualan jasa. Perancangan identitas visual ini dilakukan dalam beberapa tahap, yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Desain yang dirancang sebagai media promosi dalam penelitian ini yaitu stationary, brochure, poster, seragam karyawan, car branding, merchandise, dan media sosial. Penelitian ini menghasilkan rancangan identitas visual dan aplikasinya untuk media promosi bagi “Nursalam Travel” sehingga diharapkan mampu menampilkan citra brand yang positif dan professional pada masyarakat. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi pemilik usaha dalam memasarkan jasanya.

Published
2021-12-16
How to Cite
Hidayati, I. (2021). A REDESIGN OF VISUAL IDENTITY AND ITS APPLICATIONS IN NURSALAM TRAVEL PROMOTION MEDIA IN KARAWANG. Arty: Jurnal Seni Rupa, 10(3), 48-55. https://doi.org/10.15294/arty.v10i3.53252
Section
Articles