360° PHOTO TECHNIQUES AND VIRTUAL REALITY IN CINEMATOGRAPHY
Abstract
Era transformasi digital 4.0 ini marak penggunaan citraan berbasis digital untuk berbagai kebutuhan, dari jualan hingga hiburan. Metaverse memiliki peluang besar di Indonesia karena dapat digunakan di berbagai bidang seperti pariwisata, pendidikan, kesejahteraan sosial dan perdagangan di Indonesia. Namun demikian, belum banyak berkembang pembahasan mengenai kualitas citra yang standar untuk kebutuhan sinematografi. Citra yang dimaksud adalah suatu representasi (gambaran), kemiripan atau imitasi dari suatu objek. Citra sebagai keluaran suatu sistem perekaman data dapat bersifat optik berupa foto, bersifat analog berupa sinyal-sinyal video seperti gambaran pada monitor televisi, atau bersifat digital yang dapat langsung disimpan pada suatu media penyimpanan. Meskipun sebuah citra kaya akan informasi, namun sering kali citra yang dimiliki mengalami penurunan mutu, misalnya mengandung cacat atau denois. Metode yang digunakan dalam sinematografi meliputi camera angle, continuity, cutting, dan composition. Hasil penelitian ini adalah Penggunaan aspek sinematografi terutama dalam karya animasi ataupun syuting mempunyai mood dan teknik pencahayaan yang sama dengan pengarahan pada media yang lain. Dalam pencahayaan film VR yang menggunakan metode pembuatannya menggunakan animasi tiga dimensi mempunyai treatment yang lebih menonjolkan kesan tekstur yang gelap dan low-key lighting
In this era of digital transformation 4.0, there is widespread use of digital-based imagery for various needs, from sales to entertainment. Metaverse has great opportunities in Indonesia because it can be used in various fields such as tourism, education, social welfare and trade in Indonesia. However, there has not been much discussion about standard image quality for cinematography needs. The image in question is a representation (picture), resemblance or imitation of an object. The image as the output of a data recording system can be optical in the form of photos, analog in the form of video signals such as images on a television monitor, or digital which can be directly stored on a storage medium. Even though an image is rich in information, the image that is owned often suffers a loss of quality, for example, contains defects or defects. The methods used in cinematography include camera angle, continuity, cutting, and composition. The result of this research is that the use of cinematographic aspects, especially in animation or filming works, has the same mood and lighting techniques as directed at other media. In VR film lighting, which uses a three-dimensional animation method, it has a treatment that emphasizes the impression of a dark texture and low-key lighting.