BOOK ILLUSTRATION OF THE BENEFITS OF DRINKING MILK AS AN EDUCATIONAL MEDIUM FOR CHILDREN AGED 7-12 YEARS

Abstract

Indonesia adalah negara dengan tingkat konsumsi susu yang tergolong rendah yaitu 16,27 kg/kapita/tahun, dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya yang sudah tergolong tinggi. Padahal, konsumsi susu sangatlah penting terutama bagi anak-anak dalam mencukupi kebutuhan gizinya. Sebanyak 11,2% anak usia 5-12 tahun di Indonesia kekurangan nutrisi dan Indonesia juga berada pada tingkatan yang rendah di aspek kesehatan anak, yaitu peringkat 117 dari 180 negara. Maka dari itu untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak tersebut, diperlukan edukasi mengenai pentingnya minum susu, karena susu mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Edukasi dilakukan melalui buku ilustrasi yang mengandung informasi tentang manfaat minum susu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif, setelah itu menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menemukan data yang komprehensif. Lalu pada tahap penciptaan terdapat 3 tahap yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Harapannya, dengan perancangan buku ilustrasi ini dapat memberikan kesadaran kepada anak-anak akan betapa pentingnya minum susu dan kualitas kesehatan anak juga meningkat.

Author Biographies

Mochammad Al Hadad Firmansyah, UPN Veteran Jawa Timur

Hadad seorang mahasiswa Desain Komunikasi Visual di UPN "Veteran" Jawa Timur sejak tahun 2018 hingga 2022. Fokus ilmu yang ditekuni adalah pada bidang ilustrasi dan desain.

Masnuna Masnuna, UPN Veteran Jawa Timur

Masnuna seorang Dosen Desain Komunikasi Visual di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur sejak tahun 2010 hingga sekarang. Lulusan S1 ITS Surabaya dan S2 ISI Yogyakarta. Fokus ilmu yang ditekuni adalah bidang sign system dan ilustrasi.

Published
2022-04-04
How to Cite
Firmansyah, M., Masnuna, M., & Romadhona, M. (2022). BOOK ILLUSTRATION OF THE BENEFITS OF DRINKING MILK AS AN EDUCATIONAL MEDIUM FOR CHILDREN AGED 7-12 YEARS. Arty: Jurnal Seni Rupa, 11(1), 77-89. https://doi.org/10.15294/arty.v11i1.56630