VISUAL IDENTITY DESIGN AND ITS APPLICATION IN DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG

PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG

  • Ari Widyalintang Universitas Negeri Semarang
  • Supatmo Supatmo Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kampung Batik Semarang merupakan salah satu destinasi wisata sentra Batik Semarangan yang mulai
digalakan kembali sejak tahun 2006 di Kota Semarang. Kendati demikian masih banyak wisatawan
yang belum mengenal Kampung Batik Semarang sebagai destinasi wisata di Kota Semarang. Kampung
Batik Semarang belum memiliki identitas visual yang penting untuk mengidentifikasi karakter yang
membedakan Kampung Batik Semarang dengan destinasi wisata lain. Kampung Batik Semarang
memerlukan identitas visual sebagai sarana pengembangan destination branding yang bertujuan untuk
meningkatkan awareness masyarakat terhadap Kampung Batik Semarang dan meningkatkan kunjungan
wisata ke Kampung Batik Semarang. Oleh karena itu, Kampung Batik Semarang memerlukan
rancangan Identitas visual dan aplikasinya pada destination branding Kampung Batik Semarang berupa
identitas visual (logo dan slogan), media promosi, promotional product,dan wayfinding sign. Proses
perancangan identitas visual dan aplikasinya terbagi kedalam beberapa tahap, yaitu tahap : 1)
preliminary, 2) pra produksi, 3) produksi, dan 4) pasca produksi. Perancangan ini menghasilkan logo,
slogan, desain media promosi (through the line & below the line), desain promotional product, dan
desain wayfinding sign (informational sign, directional sign, identificational sign).

Published
2023-04-01
How to Cite
Widyalintang, A., & Supatmo, S. (2023). VISUAL IDENTITY DESIGN AND ITS APPLICATION IN DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG. Arty: Jurnal Seni Rupa, 12(1), 1-8. https://doi.org/10.15294/arty.v12i01.75662