Educational Campaign Design for Visual Communication Design Profession Introduction to 16–19-Year-Old Teenagers

PERANCANGAN KAMPANYE EDUKASI PROFESI DI BIDANG DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK REMAJA 16-19 TAHUN

  • Cahyani Indah Fitria Universitas Negeri Semarang
  • Yani Aditya Rahman Universitas Negeri Semarang
  • Chidtian Aileena Solicitor C. R. E Universitas Negeri Semarang

Abstract

Perancangan kampanye edukasi untuk memperkenalkan profesi bidang Desain Komunikasi Visual
(DKV) untuk usia remaja 16-19 tahun yang sedang mengalami tahap perkembangan karir karena
bidang DKV memiliki banyak peluang, tetapi masih banyak remaja yang kurang mengetahui
profesi di bidang DKV, karena remaja kurang paham mengenai DKV, dan hal tersebut membuat
mereka tertarik untuk mengetahui DKV, untuk terjun ke DKV membutuhkan persiapan yang
matang, sehingga perancangan ini agar remaja yang belum paham bisa teredukasi dan mengetahui
informasi mengenai DKV, persiapannya lebih matang dan DKV bisa dijadikan alternatif bagi remaja
untuk masa depannya. Analisis deskriptifi kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam perancangan
ini, hasil konsepnya adalah konsep verbal yaitu nama kampanye “Mari Ber-DKV!” dan tagline
“Ciptakan Masa Depanmu”, menggunakan bahasa yang singkat padat, dan jelas, konsep visual
dengan gaya desain yang simpel, serasi, dan memiliki kekhasan seperti karakter dengan gaya
ilustrasi simpel modern, dan yang berhubungan dengan DKV, dan konsep media utama adalah
Instagram dan media pendukung poster, pamflet, banner-x, topi, kaos, dan stiker.

Published
2023-04-01
How to Cite
Indah Fitria, C., Aditya Rahman, Y., & Aileena Solicitor C. R. E, C. (2023). Educational Campaign Design for Visual Communication Design Profession Introduction to 16–19-Year-Old Teenagers. Arty: Jurnal Seni Rupa, 12(1), 22-35. https://doi.org/10.15294/arty.v12i01.75665