DESIGN OF SYAQILA CAKE KALIWUNGU KENDAL PROMOTIONAL MEDIA USING THE PROMOTIONAL MIX CONCEPT

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SYAQILA CAKE KALIWUNGU KENDAL DENGAN KONSEP BAURAN PROMOSI

  • Muhammad Dziaa’ul Haq Universitas Negeri Semarang
  • Nadia Sigi Prameswari Universitas Negeri Semarang

Abstract

Proyek studi ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan media promosi dengan
mengaplikasikan logo Syaqila cake dalam beberapa media promosi yang disesuaikan dengan
kebutuhan perusahaan, Sehingga dapat meningkatkan nilai penjualan sekaligus memfokuskan
posisi (positioning) Syaqila cake sebagai produsen brownies cake dengan berbagai varian produk.
Rancangan media promosi bertujuan sebagai penyampaian informasi (pesan) yang estetis dan
fungsional diharapkan menciptakan kesadaran akan merek (brand awareness) proses branding di
ingatan masyarakat. Metode berkarya dalam perancangan media promosi ini menggunakan
berbagai alat yaitu perangakat keras (hardware): Notebook Asus x45a dan Optical Mouse Logitech,
perangkat lunak (software): CorelDraw dan Adobe Photoshop CS6. Pada perancangan media
promosi memiliki beberapa tahapan proses berkarya dengan urutan proses yaitu tahap pra
produksi, tahap produksi, dan pasca produksi. Proyek studi ini menghasilkan media promosi,
meliputi: Stationary, Merchandise, Direct Marketing, Advertising dan Online Promotion. Dalam
perancangan media promosi ini diharapkan bisa membantu Syaqila cake dalam membangun citra
dan karakternya kepada masyarakat (audiens), menjadi pembeda, menciptakan brand awareness
dan dapat bersaing dengan kompetitor dipasar.

Published
2023-07-01
How to Cite
Dziaa’ul Haq, M., & Prameswari, N. S. (2023). DESIGN OF SYAQILA CAKE KALIWUNGU KENDAL PROMOTIONAL MEDIA USING THE PROMOTIONAL MIX CONCEPT. Arty: Jurnal Seni Rupa, 12(2), 106-120. https://doi.org/10.15294/arty.v12i02.75677