Design of Lumpia Semarang Introduction Comic for Generation Z

PERANCANGAN KOMIK PENGENALAN LUMPIA SEMARANG UNTUK GENERASI Z

  • Nadia Sigi Prameswari Universitas Negeri Semarang
  • Nabila Rizky Amilya Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kota Semarang memiliki beberapa jenis wisata yang menarik perhatian wisatawan terutama
wisata kuliner. Terdapat ragam makanan khas yang memiliki nilai sejarah dan budaya, seperti
Lumpia Semarang yang paling sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Lumpia Semarang
memiliki kisah sejarah awal mula yang romantis dan sederhana, dikenalkan secara luas melalui
beragam media baik itu media digital maupun media cetak, salah satunya adalah media komik, di
mana komik merupakan media yang efektif sebagai media promosi dan edukasi yang bisa di akses
baik secara offline, maupun online agar bisa menjangkau anak muda, terutama Generasi Z yang
akrab dengan internet. Lamanya penggunaan internet mempengaruhi durasi waktu dalam melihat
layar gadget. Penggunaan komik cetak diharapkan dapat mengurangi durasi waktu dalam
penggunaan gadget sekaligus dapat memperkenalkan Lumpia Semarang baik dari awal mula
hingga nilai sejarahnya. Proses perancangan komik meliputi pencarian referensi, membuat desain
karakter, plot cerita, sketsa, lineart, pemberian efek dan teks, lalu tone dan pewarnaan hingga
menjadi sebuah komik yang terdiri dari epilog, dua chapter, lalu epilog dengan total 36 halaman
yang menceritakan sekelompok mahasiswa yang sedang mencaritahu asal mula Lumpia
Semarang.

Published
2023-07-01
How to Cite
Prameswari, N. S., & Amilya, N. R. (2023). Design of Lumpia Semarang Introduction Comic for Generation Z. Arty: Jurnal Seni Rupa, 12(2), 121-128. https://doi.org/10.15294/arty.v12i02.75678