Designing Illustrations for the Storybook “Hachiko: The Faithful Dog” as a Means of Conveying Moral Messages to Children

Perancangan Ilustrasi Buku Cerita "Hachiko: Anjing yang Setia" sebagai Sarana Penyampaian Pesan Moral untuk Anak.

  • Widarnawati Budiani Universitas Negeri Semarang

Abstract


Buku cerita anak dengan ilustrasi bergambar telah menjadi sarana yang dapat membantu perkembangan
karakter anak-anak melalui nilai- nilai positif yang terkandung di dalamnya. Salah satu cerita yang telah
menginspirasi banyak orang adalah kisah mengenai Hachiko, anjing yang setia. Proses pembuatan proyek
studi ini melalui tahapan-tahapan yaitu pencarian ide, penetapan tujuan, analisis khalayak sasaran, pra
produksi, meliputi perancangan konten buku cerita bergambar, penggambaran karakter, pembuatan
storyline, produksi, meliputi pembuatan sketsa dan outline, pewarnaan, layout dan pemberian teks,
konsultasi karya, print out dan finishing dan pasca produksi, meliputi perancangan media pendukung dan
pameran. Karya buku bergambar berjudul “Hachiko: Anjing yang Setia” berukuran 20x20 cm yang berisi
40 halaman dengan 19 ilustrasi cerita. Karya ilustrasi dibuat dengan teknik digital painting menggunakan
software Clip Studio Paint pada perangkat iPad Pro M1 dan dilakukan layouting teks narasi pada software
Adobe Photoshop CC 2022. Buku ini menceritakan tentang Hachiko, seekor anjing ras akita yang terkenal
karena kesetiaannya kepada pemiliknya, hingga dibuatkan patung memorial untuk mengingatnya. Buku
bergambar ini berpotensi untuk memperkenalkan cerita Hachiko kepada anak-anak, sehingga mereka
dapat mengeksplorasi pesan moral yang terdapat dalam cerita tersebut. Melalui penggunaan gambar
visual dan teks narasi yang mudah dimengerti, buku bergambar ini dapat menarik minat anak-anak dan
memberikan pengalaman membaca yang menarik.

Published
2023-07-01
How to Cite
Budiani, W. (2023). Designing Illustrations for the Storybook “Hachiko: The Faithful Dog” as a Means of Conveying Moral Messages to Children. Arty: Jurnal Seni Rupa, 12(2), 174-185. https://doi.org/10.15294/arty.v12i02.75687