REDESIGNING VISUAL IDENTITY AND ITS APPLICATION ON THE PROMOTIONAL MEDIA OF DAPUR BU YUDI SEMARANG
PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI DAPUR BU YUDI SEMARANG
Abstract
Dapur Bu Yudi merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak dalam industri
kuliner yang terletak di Kab. Semarang. Produk yang ditawarkan adalah jasa catering, berbagai
macam kue, prasmanan, dan jajanan pasar. Permasalahan yang dialami oleh Dapur Bu Yudi
adalah sulit untuk mengembangkan dan mengenal usahanya kepada khalayak luas, karena
selama ini logo yang digunakan kurang merepresentasikan usahanya dan promosi yang
dilakukan hanya dari mulut ke mulut. Untuk bisa bersaing dengan usaha serupa perlu dilakukan
upaya meningkatkan citra perusahaan agar lebih dikenal masyarakat dan dapat meningkatkan
nilai penjualan. Salah upaya tersebut adalah dengan perancangan identitas visual yang terkonsep
dan konsisten untuk Dapur Bu Yudi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengelola data secara sistematis,
sehingga dapat merancang identitas visual yang tepat dan terkonsep. Proyek studi ini bertujuan
untuk meningkatkan brand awareness masyarakat, meningkatkan citra perusahaan dan
diharapkan mampu meningkatkan nilai penjualan hadil dari rancangan identitas visual ini
meliputi logo, pattern, stationery, uniform, kemasan, social media promotion, spanduk, dan
banner.