SIBI MULTIMEDIA LEARNING MODEL BASED ON TUTORIALS FOR DEAF STUDENTS
Abstract
Kesulitan guru dalam mendidik siswa tunarungu adalah saat mengajari artikulasi dalam berlatih berbicara sesuai dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Ironisnya multimedia pembelajaran interaktif SIBI masih sangat minim ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menggali karakteristik multimedia pembelajaran SIBI bagi siswa tunarungu untuk berlatih artikulasi bicara; (2) mengelaborasi model multimedia pembelajaran interaktif bagi siswa tunarungu untuk berlatih artikulasi bicara dengan SIBI. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus pada siswa tunarungu tingkat Sekolah Dasar di Sekolah Luar Biasa (SLB) B - YAAB Surakarta. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan satu orang guru secara langsung serta studi literatur beberapa penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik multimedia pembelajaran berbasis simulasi berpotensi mendukung kemampuan siswa tunarungu dalam berlatih artikulasi. Model simulasi yang divisualisasikan dengan animasi 3 dimensi gaya realistik dengan gerakan bibir sangat menyerupai objek manusia asli diperkirakan dapat memudahkan guru saat mengajarkan siswa tunarungu berlatih artikulasi bicara.