PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS PULLY SEKUNDER PADA CVT ( COUNTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ) TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA BEAT PGM-FI TAHUN 2013

Main Article Content

Khoerul Nofa Nofa Candra Permana
Winarno Dwi Rahardjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller dan Pegas Pully Sekunder pada CVT (Countinuously Variable Transmission) terhadap Daya, Torsi, dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Beat PGM-FI 2013. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental dengan bentuk one-shot case study. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa pengujian menggunakan berat roller 11 gram, 13 gram (standar), 15 gram dan konstanta pegas sliding sheave 2.45 N/mm, 2.94 N/mm (standar), 3.43 N/mm berpengaruh terhadap peforma mesin. Torsi tertinggi dicapai oleh berat roller 11 gram dan pegas dengan nilai konstanta 3.43 N/mm pada putaran mesin 3000 rpm sebesar 19.29 N.m. Daya tertinggi dicapai oleh berat roller 11 gram dan pegas dengan nilai konstanta 2.45 N/mm pada putaran mesin 5000 rpm sebesar 8.55 HP. Konsumsi bahan bakar yang paling ekonomis dari putaran rendah sampai putaran tinggi dengan penggunaan variasi berat roller 11 gram dan pegas 2.45 N/mm memiliki konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 0.095 kg/kW.jam. 

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Winarno Dwi Rahardjo

Pendidikan Teknik Otomotif