Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Akademik Dengan Latar Belakang Pendidikan Sebagai Variabel Covarian Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi akademik, mengetahui kemandirian belajar terhadap latar belakang serta mengetahui prestasi akademik terhadap latar belakang pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket/kuesioner, wawancara observasi. Data kemudian dianalisis dengan teknik analisis kovarian (Anacova). Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji normalitas menunjukkan bahwa Nilai Kemandirian Belajar dan IPK > 0,05. maka hipotesis berdistribusi normal. Hasil linieritas menunjukkan bahwa data tests of between-Subjects Effect Nilai Sig dari dari IQ Hasilnya adalah 0.00 > 0.05. Maka hipotesis yang mengatakan bahwa Tidak ada hubungan linear antara variabel covariat (IPK) dengan dependent (Nilai Kemandirian Belajar) tidak memenuhi. Hasil Uji homogenitas menunjukkan bahwa data test of homogeneity of variance, Nilai Sig based on mean Sig > 0,05. Simpulan pada penelitian ini adalah variabel kemandirian belajar terhadap prestasi belajar tidak memiliki pengaruh secara simultan sedangkan kemandirian belajar dengan latar belakang pendidikan tidak ada pengaruh. Saran dalam penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kemandirian belajar, agar hasil prestasi akademik yang dilihat dari Indek Prestasi kumulatif (IPK) dapat meningkat.