Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Disiplin Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan 62 siswa sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan antara motivasi belajar, gaya belajar, dan disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 83%. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 18,92%. Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 11,15%. Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 13,54%. Penelitian ini diharapkan mampu memperdalam pengetahuan mengenai faktor-faktor internal yang mempengaruhi kemandirian belajar.