Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Promosi Penjualan, dan Electronic Word of Mouth terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Daring Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2020 dengan Shopping Enjoyment sebagai Variabel Intervening
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, dan electronic word of mouth terhadap perilaku pembelian impulsif daring secara langsung maupun tidak langsung melalui shopping enjoyment. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2020 dengan jumlah sampel 301 mahasiswa yang
diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, dan Shopping enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif daring secara langsung, (2) electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif
daring, (3) motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap shopping enjoyment secara langsung, (4) shopping enjoyment dapat memediasi pengaruh motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, dan electronic word of mouth terhadap perilaku pembelian impulsif daring.