PENERAPAN MODELLING LEARNING DENGAN VIDEO EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains kimia siswa melalui metode modelling learning dengan bantuan media video eksperimen. Melalui metode yang diterapkan, video eksperimen digunakan sebagai bentuk pemodelan keterampilan proses sains yang diajarkan kepada siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi dan angket. Penilaian keterampilan proses sains siswa dilakukan dengan assesmen unjuk kerja menggunakan instrumen lembar observasi. Berdasarkan hasil pengamatan, ditunjukkan adanya peningkatan nilai keterampilan proses sains siswa yang signifikan sebesar 20,32% dari siklus I ke siklus II. Selain itu, nilai siswa pada setiap indikator keterampilan proses sains juga mengalami peningkatan. Indikator-indikator tersebut adalah mengamati, mengelompokkan atau mengklasifikasikan, menafsirkan, meramalkan, mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan hasil. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menerapkan modelling learning dengan video eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains kimia siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ambarjaya, Beni S. 2012. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Center for Academic Publishing Service.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska.
Manske, M. & Conati, C. 2007. Modelling Learning in an Educational Game. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8(1): 82 – 93.
Mardapi, Djemari. 2000. Azas Performance-Based Evaluation. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mei, Grace T. Y. 2007. Promoting Science Process Skills And The Relevance Of Science Through Science ALIVE! Programme. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8(1): 55 – 69.
Rifa’i, Ahmad. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Temur, Özlem D. 2012. Analysis of Prospective Classroom Teachers’ Teaching of Mathematical Modeling and Problem Solving. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8(2): 83 – 93.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska.
Manske, M. & Conati, C. 2007. Modelling Learning in an Educational Game. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8(1): 82 – 93.
Mardapi, Djemari. 2000. Azas Performance-Based Evaluation. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mei, Grace T. Y. 2007. Promoting Science Process Skills And The Relevance Of Science Through Science ALIVE! Programme. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8(1): 55 – 69.
Rifa’i, Ahmad. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Temur, Özlem D. 2012. Analysis of Prospective Classroom Teachers’ Teaching of Mathematical Modeling and Problem Solving. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8(2): 83 – 93.