Pengaruh Model Brain Based Learning dengan Tugas Membuat Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model brain based learning dengan tugas membuat mind mapping terhadap hasil belajar kimia Siswa SMA pada materi reaksi redoks di SMA N 5 Semarang dan menentukan besarya pengaruh yang ditimbulkan. Hasil belajar yang diamati yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dengan desain penelitian posttest only control design. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata post test kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan thitung (2,23) lebih dari ttabel (1,67). Hasil belajar aspek keterampilan kelas eksperimen memiliki lima aspek berkriteria sangat baik, sedangkan kelas kontrol memiliki satu aspek berkriteria sangat baik. Hasil belajar aspek sikap, kelas eksperimen memiliki empat aspek berkriteria sangat baik, sedangkan kelas kontrol memiliki dua aspek berkriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model brain based learning dengan tugas membuat mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kimia Siswa SMA.
Kata Kunci : Brain Based Learning; Mind Mapping; Hasil Belajar.