PENGGUNAAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap pemahaman konsep, peningkatan life skill, dan keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain control group pre test post test. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling menghasilkan kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, pembelajaran menggunakan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran seperti yang biasa dilakukan guru mitra tanpa menerapkan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP). Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan angket. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh hasil kelas eksperimen memiliki rata-rata pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil analisis, diperoleh koefisien korelasi biserial pemahaman konsep (rb) sebesar 0,48 dengan koefisien determinasi sebesar 23,04%, sedangkan life skill siswa meningkat sebesar 23% dan berdasarkan analisis deskriptif didapatkan persentase nilai keterampilan proses sains siswa sebesar 95,91% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) berpengaruh pada pemahaman konsep siswa, dapat meningkatkan life skill, dan keterampilan proses sains siswa MA Negeri 1 Semarang pada meteri larutan penyangga.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Chan, R. M. C., Patrick S. Y. Lau, Mantak Yuen. 2011. Interrelationships Among Teacher Care, Students’ Life Skills Development, and Academic Achievement: Implications for School Guidance Work. Asian Journal of Counselling, 18 (1&2): 63–94. Tersedia di http://hkier.fed.cuhk.edu.hk/journal/wp-content/uploads/2011/10/ajc_v18n1-2_63-94.pdf [diakses 03-01-2013]
Heong,Y. M., Widad Binti Othman, Jailani Bin Md Yunos, Tee T. K., Razali Bin Hassan, Mimi Mohaffyza Binti Mohamad. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2). Tersedia di http://www.ijssh.org/papers/20-H009.pdf [diakses 03-01-2013]
Kurniati, Ika. 2009. Penggunaan Pendekatan CEP Berorientasi Green Chemistry untuk Meningkatkan Kemampuan Life Skill pada Siswa SMA Kelas XI Pokok Bahasan Larutan Asam Basa. Skripsi. FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Kusnadi. 2010. Efektifitas Penggunaan Chem-minibook sebagai Media Pembelajaran Berorientasi CEP dalam Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Semarang. Skripsi. FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Kusumah, Inu Hardi. 2002. Life Skill dan Broad Base Education (BBE) Suatu Model Inovasi Pendidikan dalam Pendidikan Luar Sekolah (Makalah dalam Jurnal Teknologi dan Informatika, 1 (1) Diterbitkan oleh ST. INTEN).Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_MESIN/195802061984031-INU_HARDI_KUSUMAH/life_skill_%26_BBE_suatu_inovasi_pendidikan_(jurnal).pdf [diakses 18-04-2012]
Machmudah. 2009. Penerapan CEP (Chemoentrepreneurship) dalam Bahan Ajar Reaksi Redoks untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik (Academic Skills) dan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi. FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, A. dan Yonata, B. 2012. Keterampilan Sosial Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) SMA Negeri 9 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1): 47-55.
Salirawati. 2011. Materi Pelatihan Kepala Laboratorium Kimia bagi Guru-Guru Kimia Kabupaten Kulon Progo. Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Cetakan III. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supartono. 2005. Chemoentrepreneurship sebagai Pendekatan Pembelajaran Kimia yang Inovatif dan Kreatif. Jurusan Kimia. FMIPA Unnes Semarang.
. 2006. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP), Proposal Research Grant – Program Hibah A2, Semarang : Jurusan Kimia FMIPA UNNES.