PENINGKATAN KETERAMPILAN LABORATORIUM MELALUI METODE PRAKTIS DEMONSTRATIF PADA KURIKULUM SISTEM KREDIT SEMESTER

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yohanna Indah Setyaningsih
Harjito Harjito

Abstract

Abstrak

Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan kurikulum Sistem Kredit Semester di SMA Negeri 3 Semarang yaitu kurangnya waktu bagi guru untuk menjelaskan materi dalam satu semester sehingga aspek psikomotor kurang diperhatikan. Penelitian tindakan kelas iniĀ  bertujuan meningkatkan keterampilan laboratorium siswa melalui penerapan metode praktis-demonstratif pada pembelajaran berbasis sistem kredit semester. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 sebanyak 29 siswa. Uji coba instrumen meliputi uji coba instrumen observasi dan uji coba instrumen angket. Reliabilitas instrumen observasi dianalisis dengan Intra-class Correlation Coefficient, reliabilitas angket dianalisis dengan cronbach alpha, dan uji validitas menggunakan korelasi bivariate Pearson. Hasil penelitian pada siklus 1, aspek yang menunjukkan hasil baik adalah pembuatan laporan praktikum sementara, laporan akhir praktikum, dan angket sedangkan keterampilan laboratorium dan sikap siswa di laboratorium belum menunjukkan hasil memuaskan. Pada siklus 2 semua aspek menunjukkan peningkatan dan hasil yang baik. Pada siklus 3 terjadi peningkatan lagi dan hasil yang didapatkan semakin memuaskan. Hasil dari ketiga siklus menunjukkan bahwa penerapan metode praktis demonstratif dapat meningkatkan keterampilan laboratorium siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Semarang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Yohanna Indah Setyaningsih, Jurusan Kimia UNNES

kimia 2009

Harjito Harjito, Jurusan Kimia UNNES

UNNES

References

Daftar Pustaka
Achmad, H. & Lubna B. 2012. Demonstrasi Sains Kimia: Kimia Deskriptif Melalui Demo Kimia Jilid I. Bandung : Nusa Cendikia.

BSNP. 2010. Panduan Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester untuk Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: BSNP

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Maknun, D., R. R. Hertien, K. Surtikanti, A. Munandar, & T. S. Subahar. 2012. Keterampilan Esensial dan Kompetensi Motorik Laboratorium Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Kegiatan Praktikum Ekologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 141-148.

Mardapi, J. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Suartini, T. 2010. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Praktikum Dasar Elektrik melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Biologi dan Aplikasi Biologi, 6 (16): 32-43.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suryatin, E. 2012. Analisis Peningkatan Kinerja Siswa dalam Kerapihan Menjahit Kerah Jas Berbasis Metode Demonstrasi dan Eksperimen. Jurnal Pengajaran MIPA, 8 (2): 14-21.

Susanto, E. 2010. Pengembangan Tes Keterampilan Renang Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 14(2): 1-24.

Susila, I. K. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar. Disertasi. Bali: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Susilaningsih, E. 2011. Pengembangan Model Evaluasi Praktikum Kimia di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Disertasi. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.