guided inquiry, peningkatan Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 2 Pati Guided Inquiry Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dhinda Auliyana
Sri Susilogati Sumarti
Antonius Tri Widodo

Abstract

Abstrak


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rerata hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran guided inquiry dengan rerata hasil belajar siswa yang pembelajarannya diberikan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan tehnik cluster random sampling. Instrumen berupa soal pretest-posttest, angket respon siswa, lembar angket, dan lembar ketrampilan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa secara kognitif mengalami peningkatan dari keadaan awal dan keadaan akhir baik kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 91,58 dan kelas kontrol sebesar 88,78. Analisis sikap siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Analisis keterampilan siswa kelas eksperimen juga lebih baik dibandingkan siswa di kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Guided Inquiry; hasil belajar; peningkatan 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##