KOMPARASI METODE ANIMASI SIMULASI BERBASIS PRAKTIKUM DENGAN INVESTIGASI SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lina Putri Cahyaningtyas
Saptorini Saptorini

Abstract

Ilmu kimia menuntut siswa menguasai konsep-konsep esensial mengenai produk dan proses. Koloid merupakan materi kimia untuk siswa kelas XI IPA semester genap. Koloid sangat penting untuk dipelajari dan dipahami, mengingat banyak sekali mencakup prinsip-prinsip dan proses dalam kehidupan sehari-hari. Guru hanya memiliki sedikit waktu untuk menyampaikan materi koloid, sehingga cenderung mengabaikan kegiatan praktikum di laboratorium. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Alternatif metode yang dapat digunakan yaitu metode animasi simulasi berbasis praktikum dan investigasi sederhana. Penelitian ini bertujuan mengetahui metode yang memberikan hasil belajar lebih baik antara metode animasi simulasi berbasis praktikum dengan investigasi sederhana pada materi pokok koloid. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen I, XI IPA 3 kelas eksperimen II, dan XI IPA 1 kelas kontrol. Uji anava nilai post test menunjukkan Fhitung 51,64 > dari Ftabel 3,42, artinya ketiga kelas memiliki rata-rata yang berbeda. Uji pasca anava (scheffe) memberikan hasil ketiga kelas memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan, sehingga disimpulkan bahwa metode animasi simulasi berbasis praktikum dan investigasi sederhana lebih baik dari metode ceramah dan diskusi dan metode investigasi sederhana lebih baik dari metode animasi simulasi berbasis praktikum.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aslindar, Dwi A. 2012. Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa yang Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Devision) dengan Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi. [ Online ]. Tersedia : http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php. [diakses tanggal 28 Januari 2013].

Avelia, Rosali V. 2010. Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Metode GI (Group Investigation) dan Metode TAI (Teams Assisted Individualization) yang Dilengkapi LKS terhadap Prestasi Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Laju Reaksi pada Siswa Kelas XI IPA Semester I SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. [ Online ]. Tersedia: http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php. [diakses tanggal 22 Januari 2013].

Bulent. 2009. Alternative Methods in Learning Chemistry: Learning with Animation, Simulation, Video and Multimedia. Journal of Turkish Science Education. Volume 7, Issue 2, June 2010.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

John George, Athal Maya Dutt, Ph.D. 2010. Effectiveness of Group Investigation Model and Simulation Model in Teaching English. Journal Strength for Today and Bright Hope for Tommorow. Vol 10. ISSN 1930-2940.

Kemal Doymus Umit Simsek, Ataman Karacop and Sukru Ada. 2009. Effects of Two Cooperative Learning Strategies on Teaching and Learning Topics of Thermochemistry. The World Applied Sciences Journal 7 (1) : 34-42.

Lori K, Marie A.M, Jaya G, & Vanessa M. 2012. Cooperative Learning In Distance Learning : A Mixed Methods Study. Internasional Journal of Instruction. 5(2) 81-90.

Meltzer, D.E. 2002b. Normalized Learning Gain: A Key Measure of Student Learning, Addendum to Meltzer 2002a. [ Online ]. Tersedia: http://www.physics.iastate.edu/per/articles/index.html. [ diakses tanggal 28 Jan 2013 ].

Muhamad, Murniza, Halimah Badioze Zaman and Azlina Ahmad. 2010. Virtual Laboratory for Learning Biology – A Preliminary Investigation. World Academy of Science, Engineering and Technology. 47, 2010.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Okur Akçay & Doymuş. 2012 The Effects of Group Investigation and Cooperative Learning Techniques Applied in Teaching Force and Motion Subjects on Students’ Academic Achievements . Journal of Educational Science Research International E-journal. 2(1).

Slavin. 1995. Cooperative Learning Teori Riset Dan Praktik. Jakarta: Nusamedia.

Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students' Achievement. Educational Technology & Society, 16 (1), 159–170.

Yasemin et al., 2010. The Effects of Two Cooperative Learning Strategies on the Teaching
and Learning of the Topics of Chemical Kinetics. Journal of Turkish Science Education. Volume 7, Issue 2, June 2010.

Zingaro, D. (2008). Group investigation: Theory and practice. Retrieved August 10, 2009,
from http://www.danielzingaro.com/gi.pdf.